Vaksinasi Untuk Pencegahan Penyakit Influensa

https://www.ilmupenyakit.comThe Immunization Practices Advisory Committee of Public Health Service merekomendasikan vaksinasi influenza pertahun untuk mereka yang memiliki risiko komplikasi dari Influenza dan para tenaga perawatan kesehatan.

Tiap tahun vaksin baru, terdiri dari tiga strein virus (biasanya dua tipe A influenza dan satu tipe B influenza) dipertimbangkan paling sering muncul pada awal musim.

Pada saat perkiraan agens influenza telah dengan jelas diantisipasi dan meliputi vaksin tahunan, keefektifan vaksin telah mencapai 70% melindungi kesehatan anak dan orang dewasa muda. Meskipun kurang efekstif pada lansia (serendah-rendahnya mencapai 30% sampai 40% pada lansia yang rentan).

Penurunan keparahan penyakit pada mereka yang terinfeksi adalah 50% sampai 70%  efektif dalam pencegahan pneumonia dan hospitalisasi, dan 80% efektif untuk mencegah kematian.Pada fasilitas perawatan yang luas, risiko penularan sangat dikrangi dengan vaksinasi terhadap semua penduduk.

Vaksin direkomendasikan untuk kelompok tertentu yang mempunyai risiko meningkatnya komplikasi influenza: mereka yang berusia lebih dari 65 tahun, penduduk dari fasilitas kesehatan yang luas, mereka dengan penyakit paru kronik atau kardiovaskuler, dan mereka dengan diabetes, immunosupresi atau disfungsi ginjal.

Vaksinasi juga dianjurkan untuk anak yang mendapat terapi aspirin dalam jangka waktu lama untuk menurunkan kemungkinan terjadinya sindrom Reye.

Petugas perawatan kesehatan dan anggota keluarga dirumah adalah mereka yang mempunyai resiko, yang dianjurkan untuk menerima vaksin untuk menurunkan risiko penularan terhadap mereka yang rentan terhadap influenza.

Kampanye vaksin diantara petugas perawatan kesehatan dan pasien harus diintensifkan pada saat terbukti adanya penyakit influenza di komunitas.