Meningitis Aseptic dan Meningitis Kriptokokus

https://www.ilmupenyakit.comMeningitis aseptic

Meningitis aseptic adalah istilah yang digunakan untuk gejala meningitis yang tidak teridentifikasi organism penyebabnya dan jumlah sel darah putih CSS tidak menunjukkan penyebab bacterial.

Penyebabnya biasanya virus, tetapi dapat juga karena tuberkolosis, virus dari hospes serangga seperti penyakit Lyme dan Rocky Mounted Spotted Fever. Dapat juga disebabkan oleh agens non infeksi (seperti medikasi atau tumor) yang berperan terhadap iritasi pada meninges.

Tes laboratorium untuk identifikasi virus jarang tersedia di tempat lingkungan diaknostik, peneliti telah menidentifikasi meningitis aseptic yang terbanyak disebabkan oleh enterovirus.

Virus ditularkan melalui jalur fekal oral. Gejala meningitis sering berkaitan dengan infeksi gastrointestinal dengan mual, muntah dan lemah.

Meningitis kriptokokus

Meningitis kriptokokus adalah satu dari penyebab infeksi oportunistik yang berhubungan dengan HIV dan paling banyak dilihat.  Bagaimana pun ini dapat menjadi komplikasi dari beberapa penyakit imunosupresi berat. Proses penyakit meningitis biasanya ringan, tetapi menetap dan berjalan perlahan.

Manifestasi klinis

Gejala berasal dari peningkatan tekanan intrakarnial dan perubahan aliran darah otak. Pasien biasanya mengalami sakit kepala yang diikuti mual, muntah, fotofobia, kaku leher, dan tanda disfunngsi serebral.

Gejala dapat bervariasi terhadap organism penyebab. S.Pneumonia sering berperan terhadap perubahan status mental ; sekitar 50% pasien meningitis menigokokus mengalami ruam yang cepat , dimana pasien meningitis kriptokokus melaporkan hanya sakit kepala dan perubahan kepribadian relative yang tidak kentara.

Pemeriksaan fisik menunjukkan rigiditas nukal dan tanda iritasi meningeal yang ditandai dengan:

  • Tanda kering positif: pada saat berbaring dengan paha fleksi ke abdomen , pasien tidak dapat ekstensi kaki dengan sempurna.
  • Tanda brudzinski positif: pada saat leher pasien fleksi, fleksi lutut, dan pinggul menjadi akibatnya, saat fleksi pasif dari ekstremitas bawah dari satu sisi dilakukan, pergerakan yang sama tampak pada pada ektremitas yang berlawanan.