Informasi Penyakit Kanker Lidah

Warna Lidah Berubah Tanda Gejala Kanker LidahKanker lidah adalah merupakan salah satu jenis kanker yang jarang terjadi dan tidak diketahui oleh banyak orang. Meski hingga saat ini kanker lidah masih jarang terjadi dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, namun sebaiknya jangan remehkan penyebab dan gejala awal munculnya kanker lidah.

Di Indonesia kanker lidah tergolong penyakit langka dan tidak begitu dikenal masyarakat, sehingga mereka cenderung mengabaikan gejala-gejala awal kanker lidah yang dapat menempatkan masyarakat pada risiko kematian.

Terlebih lagi, berdasarkan situs Tongue Cancer Symptoms gejala awal munculnya kanker lidah hampir menyerupai sariawan pada lidah. Pertama-tama akan muncul bercak putih yang terasa sakit pada lidah. Ini sama persis seperti ketika kalian sedang mengalami sariawan. Terkadang bercak ini tidak berwarna putih, melainkan merah.

Sebenarnya, apa itu kanker lidah dan seperti apa gejalanya? Kanker lidah adalah jenis kanker yang terjadi di dalam rongga mulut, termasuk di bagian lidah. Penyakit ini biasanya menyerang bagian pinggir lidah, belakang lidah, dan pangkal lidah.

Menurut statistik, kejadian kanker lidah sekitar sekitar 0,8% sampai 1,5% dari keganasan sistemik, terhitung 5% menjadi 7,8% dari kanker kepala dan leher, terhitung untuk 32,3% dan 50,6% dari kanker mulut, di mana lebih banyak pria daripada wanita, pada rata-rata usia awal 60-tahun.

Penyebab Kanker Lidah

Yang paling berisiko tinggi menderita kanker lidah adalah pria yang memiliki kebiasaan merokok. Namun, kemungkinannya pada wanita juga ada. Hingga kini belum ada penelitian yang dapat memastikan apa penyebab kanker lidah. Tapi para ahli medis meyakinkan, luka, infeksi, paparan sinar ultraviolet, zat radioaktif, serta melemahnya data tahan tubuh sebagai pemicu terjadinya kanker lidah.

Banyak faktor yang menyebabkan atau meningkatkan risiko kanker lidah, seperti berikut ini :

  • Tembakau/rokok.
  • Alkohol.
  • Infeksi virus HPV.
  • Faktor genetik anemia.
  • Graft Versus Host Disease (terjadi pada beberapa orang yang mengalami transplantasi stem cell).

Rasa sakit dari kanker lidah dapat menjalar, dari leher hingga ke telinga. lidah dapat merasa kaku serta sakit bila menelan suatu hal. tanda-tanda lain yang diakibatkan oleh kanker lidah yaitu bercak merah pada lidah yang berjalan lama serta pendarahan dengan tidak jelas. sesudah cukup lama, dapat terlihat bejolan dibagian luka dibarengi rasa nyeri.

Gejala Kanker Lidah

Gejalanya tidak jauh dari sariawan. Biasanya di sekitar sariawan, luka terasa lebih lunak, tapi pada kanker lukanya mengeras saat diraba. Rasa sakitnya pun menjalar hingga ke leher dan telinga. Lidah terasa kaku dan sakit saat menelan.

Gejala lainnya yang juga harus diwaspadai adalah munculnya bercak merah atau putih di lidah pada waktu lama. Sariawan, radang tenggorokan, serta radang di lidah dalam waktu lama. Nyeri saat mengunyah dan menelan makanan. Mulut terasa mati rasa dan pendarahan di lidah tanpa sebab.

Secara rinci gejala kanker lidah adalah sebagai berikut :

  • Pinggir lidah, ujung lidah, belakang lidah, dll terdapat bisul yang tak tersembuhkan untuk waktu yang lama.
  • Benjolan pada lidah, benjolan keras, tidak jelas, nyeri, pertumbuhan yang cepat.
  • Pergerakan lidah terbatas, ada makanan mengalami kesulitan untuk menelan.
  • Tenggorokan sakit atau merasa ada sesuatu di tenggorokan.
  • Lidah terasa ‘mati’.
  • Muncul bintik putih dan kemerahan pada lidah.
  • Terkadang telinga sakit.
  • Lidah berdarah.

Pengobatan

Terapi kanker lidah umumnya dilakukan dengan 3 cara. Namun, tidak semua pasien mengalami terapi/pengobatan yang sama. Ada beberapa pasien yang membutuhkan operasi.

Berikut 3 cara pengobatan kanker lidah :

  • Operasi : Pengangkatan kanker dan jaringan tumor.
  • Radioterapi : Menggunakan partikel radioaktif untuk membunuh sel kanker.
  • Kemoterapi : Dua regimen yang biasa digunakan adalah cisplatin dan fluorouracil.

Pengobatan radioterapi dan kemoterapi biasanya diberikan kepada penderita kanker. Ini dilakukan untuk mengurangi perluasan radang. Jika kanker sudah menjalar dan mencapai stadium akut, kombinasi operasi dan radioaktif bisa jadi dilakukan.

Pada stadium rendah, kanker tersebut dapat diatasi dengan langkah melakukan operasi. Tetapi, kanker lidah yang telah ditemukan pada stadium lanjut tidak dapat dioperasi lagi. mengakibatkan, lidah dapat bengkak, tidak dapat makan serta minum dan rasakan sakit yang luar biasa. kematian mungkin tiba. namun bukan hanya dikarenakan dikarenakan oleh kanker, tetapi dikarenakan pasien tidak dapat makan.

Di dunia, peningkatan penderita kanker lidah cukup signifikan. Tahun ini 2012 saja kenaikannya sampai 10 persen. Selain rokok, kanker lidah juga bisa disebabkan karena gaya hidup metropolis, seperti mengkonsumsi alkohol dan seks bebas.

Pencegahan awal untuk kanker ini, rutinlah melindungi kesehatan rongga mulut serta rajin menggosok gigi. disamping itu perbanyak makan buah, kacang-kacangan, sayur hijau, kedelai serta tomat. tanda-tanda kanker lidah mesti segera dikerjakan dengan serius.

Pada prinsipnya, kanker lidah bisa disembuhkan jika bisa dideteksi pada tahap dini. Jadi, bila Anda mengalami gejala kanker lidah sebaiknya segera berobat ke dokter.