Mengenal Penyakit Cacar Air

https://www.ilmupenyakit.comVaricella zoster adalah agens virus penyebab cacar air dan herpes zoster. Virus varicella menyerang individu terutama anak, menyebabkan penyakit menular dalam bentuk cacar air.

Sekitar 3 juta kasus dari cacar air terjadi di Amerika Serikat setiap tahun. Varicella adalah penyakit yang penularannya melalui manusia sebagai reservoar. Penularan terjadi melalui udara dan kontak.

Dengan perkecualian yang jarang, infeksi varicella pada individu hanya sekali. Pada saat pertama kali terinfeksi (penyakit primer dimanifestasikan sebagai cacar air) banyak pejamu akan mengalami sakit secara umum dengan ruam, demam dan lemah.

Periode inkubasi sekitar 2 minggu (dalam rentang 10-21 hari). Selama prodromal dengan kelemahan umum (sering diketahui sekitar 2 hari sebelum kemerahan muncul), pejamu yang baru terifeksi mampu menularkan virus pada kontak lain yang tepat.

Secara khas, ruam adalah vesikuler dan pustular dan menyebar cepat dari beberapa lesi dalam beberapa jam. Lesi baru terbentuk terus selama 2-3 hari dengan lesi yang tampak pada tahap berbeda.

Pada hari keempat gejala adalah lesi menjadi kering dan lesi baru lain biasanya tidak muncul. Demam biasa terjadi selama 4-6 hari dari proses selanjutnya dari kemerahan. Pada saat lesi kering, pasien tidak lagi menularkan penyakitnya pada orang lain.