Tindakan Pencegahan Penularan Sitomegalovirus

https://www.ilmupenyakit.comPencegahan.

Cuci tangan dan penggunaan sarung tangan telah menunjukkan penurunan penularan yang tinggi dari pasien ke petugas tenaga kesehatan. Beberapa pasien (terutama pasien transplantasi dan  yang mangalami AIDS) akan mengekskresikan sitomegalovirus pada semua cairan tubuhnya.

Penting bagi perawat yang hamil memahami bahwa pemajanan pada CMV dapat dihindari dengan seleksi pasien, meskipun dengan cuci tangan dan penggunaan sarung tangan yang konsisten.

Penularan sitomegalovirus juga terjadi melalui transfuse darah dan tranplantasi organ. Untungnya meningkatnya penyaringan (screening) darah untuk virus lain (hepatitis B, hepatitis C, dan human immunodeficiency virus) juga telah menurunkan resiko transfusi yang berhubungan dengan kasus CMV.

Reinfeksi dari infeksi organ tranplantasi sebelumnya dengan sumber baru dari CMV (dari donor) dapat berperan pada terjadinya sakit yang berat pada pasien dengan supresi imun.

Tindakan

Gansiklovir adalah terapi pilihan untuk tindakan terhadap retinitis, pneumotitis, hepatitis, dan manifestasi CMV yang lain. Saat ini, Foscarnet telah digunakan sebagai terapi alternative untuk retinitis CMV.