Diare Akibat Salmonella

https://www.ilmupenyakit.comSalmonella adalah hasil dari gram negative yang memiliki beberapa spesies, salah satunya adalah yang sangat patogenik yaitu salmonella typhi (demam tifoid). Dari spesies yang bukan typus, organism lazim terdapat pada binatang yang merupakan sumber makanan.

Diperkirakan salmonella mengkontaminasi lebih dari 50% hasil produksi ayam yang ada dan sering ditemukan dalam telur (baik yang utuh atau pecah), susu mentah dan kadang daging sapi.

Bersamaan dengan kontaminasi makanan dan air, dapat terjadi penularan dari orang ke orang. Rumah sakit, fasilitas kesehatan jangka panjang dan institusi lain dengan jumlah hampir sepertiganya dilaporkan epidemic salmonella. Rute penularan pada area ini mungkin karena makanan terkontaminasi dan penularan orang ke orang.

Terdapat variabilitas gejala yang berhubungan dengan infeksi spesies salmonella meliputi kondisi tanpa gejala, gastroenteritis dan infeksi sistemik. Diare dengan gastroenteritis biasa terjadi. Kurangnya frekuensi penyebaran penyakit dan bakterimia akan disertai diare.

Seorang dengan diare akibat salmonella dapat menjadi sumber penularan keorang lain. Kebersihan harus ditekankan dan petugas perawatan kesehatan harus menggunakan perawatan khusus saat mengganti kasur, mengumpulkan specimen, atau obyek lain yang mungkin mengandung kontaminasi fekal. Cuci tangan dianjurkan setelah melakukan kontak dengan seseorang yang mengalami diare salmonella.

Pasien dengan gastroenteritis  umumnya tidak ditangani. Antibiotic yang digunakan untuk meningkatkan periode waktu dimana pasie membawa bakteri, tidak memberikan hasil pada pasien. Bagaimanapun salmonellosis sistemik membutuhkan terapi antimikroba.