Organisme Penyebab Diare

https://www.ilmupenyakit.comEscherichia coli

Escherichia coli adalah organism aerobic yang biasa terkolonisasi pada usus besar. Isolasi bakteri E.Coli dari kultur fekal tidak menunjukkan habitat patologik dari organism, tapi lebih menggambarkan flora normal.

Bagaimanapun strein E.coli dengan meningkatnya virulensi telah bertanggung jawab untuk angka kematian dan jumlah kematian pada saat berjangkitnya penyakit ini.

Strein patologik yang lebih kuat merupakan sub-grup dari “enterotoksigenik E.coli (ETEC). Strein ETEC dibedakan dengan enterotoksin yang mereka hasilkan. Strein ETEC adalah penyebab terbanyak kasus diare akut diseluruh dunia. Penyakit seperti kolera  dengan dehidrasi berat dapat menyertai infeksi oleh salah satu strein ini.

Selama tahun 1980 di Amerika Serikat, spesies E.coli berjangkit, 0157:H7, dikenal sebagai penyebab diare berdarah, biasanya karena hamburger yang tidak masak. Bakteri ini hidup diusus lembu dan dapat ditularkan melalui daging pada saat pemotongan.

Pencegahan penyakit dari strein E.coli ini ditunjukkan pada pendidikan masyarakat untuk memasak daging sapi (sampai daging tidak berwarna merah muda dan getah lambung bersih).

Shigella

Shigella adalah spesies organism gram negative yang menyerang lumen usus dan menyebabkan penyakit dan diare berair yang berat (mungkin darah).

Spesies shigella menyebar melalui rute fekal-oral, dengan penularan yang mudah dari satu orang ke orang lain. Jumlah yang kecil dari organism diperlukan untuk menyebabkan penyakit.

Penularan yang mudah karena kebersihan yang tidak baik, tidak mengherankan bahwa organism shigella secara tidak proporsional mengenai populasi anak. Penyakit pada anak kecil mungkin tidak sering dikomplikasi oleh gejala paru atau neorologik.

Terapi antimikroba harus diberikan dengan segera. Sering terapi awal harus diubah pada saat tes mikroba menyatakan sensitifitas organism.