Penyebab Penyakit Diare

https://www.ilmupenyakit.comPenyakit diare

Dinegara sedang berkembang, infeksi diare membunuh sekitar 4 juta orang pertahun. Di Amerika Serikat diperkirakan bahwa anak berusia kurang dari 5 tahun mengalami 20 juta episode diare setiap tahun.

Dengan perkiraan 400 kematian pertahun pada tiap kejadian. Dehidrasi yang berhubungan dengan penyakit diare merupakan yang paling utama mempengaruhi morbiditas dan mortalitas. Dehidrasi dapat dikontrol dengan menggunakan terapi rehidrasi.

Penularan

Jalan masuk pathogen diare adalah melalui oral. Meskipun makanan yang dimakan jauh dari steril, keasaman lambung yang tinggi dan sel pengahsil antibody usus halus secara umum menurunkan potensi akumulasi pathogen untuk menyebar yang mengakibatkan sakit.

Bagaimanapun jika jumlah organism lebih dari cukup atau jika makanan bertindak sebagai carrier netral untuk melindungi organism dalam lingkungan asam, dapat terjadi reaksi patogenik.

Penurunan keasaman lambung karena terganggunya flora normal usus, seperti setelah pembedahan, penggunaan agens antimikroba, dan disfungsi imun karena AIDS, semua menurunkan pertahanan usus.

Penyebab khusus penyakit diare.

Ada beberapa virus, bakteri, dan parasit yang menyebabkan penyakit diare. Rotavirus merupakan virus paling penting yang menyebabkan diare pada anak kecil.

Penyebab umum dari infeksi bakteri meliputi Eschericia coli, Salmonella, Shigella, Campylobacter, dan spesies Yersinia. Infeksi parasit yang penting meliputi Giardia dan spesies Cryptosporidium, dan Entamoeba histolytica.