Cara Agar Memiliki Jantung yang Sehat

Olahraga Membuat  Wajah Cantik dan Jantung Tetap Sehat  Dalam tubuh manusia terdapat beberapa organ yang sangat penting dan salah satu organ yang terpenting itu adalah jantung. Jantung juga merupakan sebuah indikator dan tanda tanda kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan jantung yang sehat, Anda bisa mendapatkan kesehatan fisik dan mental yang baik.

Untuk memiliki jantung yang sehat tidaklah mudah. Ada banyak hal yang penting Anda lakukan demi menjaga kesehatan jantung.

Kita tahu bahwa jantung merupakan organ yang vital bagi manusia, karena tanpa jantung kita tidak bisa bertahan hidup karena darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh.

Selain itu, jika jantung tidak sehat, hal ini juga dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular. Menjaga jantung agar tetap sehat dapat dilakukan dengan banyak cara.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba agar memiliki jantung yang sehat, diantaranya :

1.   Olahraga Secara Teratur

Olahraga ternyata sangat penting untuk kesehatan jantung karena olahraga membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Sebenarnya, olahraga tidak hanya akan menyehatkan jantung tetapi juga membantu menjaga berat tubuh di tingkat yang normal sehingga membuat jantung dapat memompa darah secara efisien.

Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga yang berat-berat. Bahkan, jalan santai dan beraktivitas untuk membersihkan rumah pun sudah dapat membantu menjaga jantung tetap sehat. Kunci utama menjaga jantung adalah kita harus selalu bergerak aktif.

2.   Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat setiap hari juga dapat menjaga jantung tetap sehat. Sebaiknya, makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang rendah lemak, rendah kolesterol, dan rendah garam.

Makanan-makanan berlemak dan berkolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami masalah pada jantung karena kelebihan lemak dan kolesterol biasanya akan menempel di pembuluh darah dan tidak jarang dapat menyebabkan penggumpalan darah yang dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Tambahkan, buah-buahan, sayuran, susu, dan biji-bijian ke dalam menu diet harian Anda. Sesekali Anda juga bisa makan sesuai dengan selera Anda. Namun selebihnya Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat yang sesuai kebutuhan jantung.

3.   Hindari Rokok

Jika Anda adalah seorang perokok dan menyadari pentingnya menjaga kesehatan jantung, maka mulai sekarang berhentilah merokok. Kita sudah tahu bahwa rokok dapat merugikan kesehatan baik si perokok maupun orang-orang yang ada di sekitar perokok tersebut.

Perlu diketahui bahwa merokok dapat mempengaruhi jantung dan pembuluh darah. Oleh sebab itu, jika Anda ingin jantung tetap sehat, hindarilah kebiasaan merokok karena kebiasaan ini tidak hanya berdampak buruk bagi jantung saja tetapi juga berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4.   Check Up Teratur

Rutin melakukan check up ke dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan adalah hal penting yang wajib dilakukan. Kadar kolesterol dan tekanan darah adalah hal-hal penting yang perlu dikontrol secara rutin supaya kadarnya tidak melebihi batas normal untuk memastikan agar jantung tetap sehat. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan rutin supaya dapat memastikan kesehatan jantung Anda.

5.   Buat Makanan Sendiri

Jika Anda terbiasa makan di luar, sebaiknya Anda mulai membuat makanan sendiri daripada hanya mengandalkan makan di luar atau mengkonsumsi makanan siap saji. Memasak makanan sendiri akan membuat Anda benar-benar tahu dan mengontrol apa saja yang ada di dalam hidangan Anda. Dengan demikian Anda dapat memastikan bahwa Anda hanya menggunakan bahan-bahan terbaik untuk kesehatan Anda.

Selain itu, jika Anda makan di luar, rata-rata makanan di luar menggunakan MSG yang berlebihan kadang bahkan menggunakan bahan-bahan terlarang yang tidak kita sadari. Maka dari itu, masak sendiri memang memberikan banyak keuntungan untuk diri kita sendiri.

6.   Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Konsumsi sayuran dan buah-buahan sangat menyehatkan tubuh dan jantung. Buah dan sayuran banyak mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh jantung. Makanan yang banyak mengandung vitamin di antaranya adalah bayam, alpukat, dan kacang-kacangan. Selain itu, sebaiknya Anda juga mulai mengurangi konsumsi makananan yang berkolesterol tinggi.

7.   Hindari Minuman Beralkohol

Anda sebaiknya menghindari minum-minuman beralkohol agar jantung tetap sehat. Hal ini disebabkan karena minuman beralkohol dapat merusak otot jantung yang nantinya dapat mengganggu fungsi jantung.

8.   Makan Cemilan Sehat

Jika Anda selama ini hobi makan camilan, mulai sekarang ganti camilan Anda dengan kacang-kacangan alami yang menyehatkan seperti walnut, almond, dan kacang-kacangan lainnya. Kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam aliran darah.

Walaupun demikian, kacang-kacangan juga tinggi kalori sehingga jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kacang. Cukup konsumsi sedikit kacang setiap hari akan membantu menjaga kesehatan jantung dengan lemak sehat.