Tipe Human Immunodeficiency Virus

https://www.ilmupenyakit.comHuman Immunodeficiency Virus (HIV)

HIV telah ditetapkan sebagai agens penyebab accuired immunodeficiency syndrome (AIDS). AIDS adalah gejala dari penyakit yang mungkin terjadi saat system imun dilemahkan oleh virus HIV.

Defenisi AIDS yang ditetapkan oleh pusat pengendalian penyakit (Centers for Disease Control), telah berubah beberapa waktu sejak gejala pertama ditemukan pada tahun 1981.

Secara umum definisi ini menyusun suatu titik dalam kontinum penyimpangan HIV dimana penjamu telah menunjukkan secara klinis disfungsi imun.

Jumlah besar infeksi oportunistik dan neoplasma merupakan tanda supresi imun berat. Sejak tahun 1993, defenisi AIDS telah meliputi jumlah CD4+ kurang dari 200 sebagai criteria ambang batas.

Sel CD4+ adalah bagian dari limfosit dan adalah satu target sel dari infeksi HIV.

Tipe-tipe HIV

HIV memiliki 2 tipe virus yang teridentifikasi. Hampir semua kasus infeksi HIV di Amerika Serikat adalah HIV-1. Bagaimanapun HIV-2, adalah virus yang sama jalur penularannya dan juga menyebabkan AIDS.

Sejak tahun 1992, semua donor darah dan komponen atau produk darah telah disaring terhadap virus ini. Tes serologic dapat membedakan antara HIV-1 dan HIV-2.