Luka Goresan Pada Kornea

Luka Goresan Pada KorneaKornea adalah lapisan pelindung jaringan iris dan pupil mata. Ketika ada benda asing melekat di mata dan kita menggosok mata maka hal inilah yang akan memengaruhi goresan pada kornea, Ini akan menyebabkan ketidaknyamanan, iritasi dan rasa sakit. Biasakan mencuci mata ketika ada benda asing yang masuk ke mata dan jangan menggosok mata karena akan memperburuk kondisi kornea. Karena memiliki saraf yang dapat menimbulkan rasa sakit ketika kornea tergores.

Penyebab:

Penyebab yang sering dijumpai dalam masalah ini karena kotoran, abu, pasir maupun serangga. Kebanyakan serangga masuk ke mata ketika berkendara pada malam hari tanpa pelindung mata. Ketika benda asing ini masuk, kebanyakan orang langsung respon untuk menggosok mata. Hal ini sangat berbahaya bagi kornea karena dapat menyebabkan infeksi mata dan dapat merusak kornea.

Gejala:

Gejala luka pada kornea adalah sensasi gatal karena adanya partikel asing masuk ke mata. Akan ada rasa sakit, iritasi dan keluarnya air mata. Hal ini juga dapat menyulitkan untuk membuka mata. Ketika terjadi pembengkakan atau radang mata maka mata akan sensitif terhadap cahaya dan akan ada kelebihan air mata.

Diagnosa:

Diagnosis cukup sederhana dan mudah. Dokter mata akan mengamati mata Anda melalui mikroskop untuk melihat infeksi mata. Dia akan menerapkan tetes mata pada mata yang terkena untuk melebarkan sehingga menjadi jelas selama pemeriksaan.

Pengobatan:

Ketika anda merasa ada partikel asing di mata, sebaiknya anda tidak menggosok. Perlahan-lahan tarik kelopak mata atas dan kelopak mata bawah. Cuci mata Anda dengan air dingin. Anda bisa mencelupkan mata Anda ke wastafel diisi dengan air dingin menjaganya mata agar tetap terbuka lebar. Hal ini akan membuat pergerakan debu atau partikel asing ke sudut mata yang dapat dikeluarkan secara aman.

Antibiotik tetes mata atau steroid digunakan untuk mengurangi peradangan dan untuk mengobati goresan kornea. Ini tersedia di apotek.