Chondrosarcoma

ChondrosarcomaChondrosarcoma adalah jenis kanker tulang yang langka yang mempengaruhi tulang panggul, kaki dan bahu. Kanker ini dimulai dari infeksi pada tulang. Pada kasus-kasus yang jarang terjadi dapat timbul di luar kartilago tulang otot yang berdekatan. Penyakit Chondrosarcoma hanya mempengaruhi orang dewasa dari kelompok usia antara 25-65 tahun. Masalah ini sebagian besar ditemukan pada tulang kaki dan tulang panggul tetapi memungkinkan terjadi di bagian tubuh manapun.

Osteosarkoma (kanker tulang) dan chondrosarcoma adalah jenis umum dari kanker tulang membentuk tumor di dalam tulang. Operasi dan kemoterapi merupakan cara pengobatan terbaik yang digunakan untuk menyembuhkan kanker tulang.

Penyebab:

Penyebab pasti chondrosarcoma tidak diketahui. Orang dengan gangguan autoimun dan masalah medis yang mendasarinya telah meningkatkan kemungkinan terkena kanker tulang ini.

Penyakit tertentu seperti tumor Wilm, penyakit Ollier, penyakit Pageg, Maffuci Sindrom dan beberapa hereditary exostoses dapat menyebabkan kanker tulang.

Gejala:

Tidak ada gejala yang terlihat, karena orang dengan penderita chondrosarcoma tidak akan sakit. Hanya mengalami kesulitan dalam bergerak dan berjalan kaki. Mungkin ada rasa sakit, ketidaknyamanan, dan pembengkakan pada kaki yang akan membatasi pergerakan.

Diagnosa:

Pemeriksaan fisik dan uji sinar-X digunakan untuk memeriksa tumor. Dokter mungkin melakukan tes tambahan seperti CT scan atau MRI scan untuk mendiagnosa ukuran tumor dan seberapa jauh perkembangan tumor.

Pengobatan:

Pembedahan merupakan pilihan terbaik bila dibandingkan dengan metode kemoterapi dan radiasi. Tumor akan dihilangkan dari tulang dengan pembekuan dan pemotongan dengan cara cryotherapy atau kuretase. Dokter memiliki banyak pilihan dalam operasi dan metode operasi didasarkan pada ukuran tumor dan daerah yang telah mempengaruhi serta penyebaran tumor. Kadang-kadang mempengaruhi pembuluh darah bahkan sendi yang dapat menyebabkan menambah masalah.

Dalam prosedur autograft ahli bedah akan menanamkan jaringan tulang segar yang sehat pada anggota badan yang terkena setelah menghilangkan jaringan kanker yang rusak.

Dalam teknik allograft, tendon dan ligamen dari donor digunakan untuk membangun kembali tulang yang hilang dari orang yang terkena. Tumor disebabkan oleh chondrosarcoma diangkat melalui pembedahan dan digantikan oleh jaringan donor dan tendon untuk meningkatkan sel-sel tulang baru.