Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Pembengkakan Gusi

Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Pembengkakan GusiPembengkakan Gusi merupakan bentuk umum dari penyakit periodontal. Kondisi ini ditandai dengan kemerahan dan adanya pembengkakan pada gusi. Istilah medis pembengkakan gusi atau radang gusi disebut gingivitis. Tidak adanya perawatan kebersihan mulut merupakan penyebab utama pembengkakan gusi. Perawatan gigi yang rutin dan tepat sangat penting untuk menghindari peradangan gusi dan kerusakan gigi.

Gejala:

Gusi yang sehat ditandai dengan warna merah mudah sedangkan gusi yang warna merah tua menandakan peradangan pada gusi. Bagaimana dengan gusi warna hitam? Hal ini menandakan konsentrasi melanin yang lebih tinggi atau ketidakseimbangan dalam pigmentasi. Kondisi ini terjadi paling sering pada ras berkulit hitam, tetapi juga dapat terjadi karena paparan sinar matahari yang berlebihan, menyebabkan melanin di kulit menjadi hitam. Beberapa penyebab lainnya seperti merokok dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga menyebabkan perubahan warna gusi tetapi hal ini tidak menyakitkan.

Gusi akan berdarah dan bengkak selama menyikat gigi dan melakukan flossing. Bau mulut dan nyeri akan dirasakan.

Penyebab:

Tidak tepat menyikat gigi akan mengakibatkan pembengkakan gusi. Bila Anda  tidak menyikat gigi dengan benar maka akan ada sisa-sisa makanan tersangkut dirongga mulut, hal ini akan mengakibatkan plak dan menimbulkan bakteri. Untuk menghindari radang gusi dan karang gigi sebaiknya menyikat gigi minimal dua kali sehari atau setiap setelah selesai makan.

Yang beresiko?

Orang yang tidak menyikat gigi yang tepat, mereka yang usia lanjut, perokok, mereka yang memiliki gangguan imun, dan mereka yang rentan terhadap infeksi virus rentan mengalami risiko radang gusi.

Pengobatan:

Walaupun pembengkakan gusi akan sembuh dengan sendirinya tetapi sebaiknya Anda carilah waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa gigi dan melakukan Scaling (proses menghilangkan tartar dan partikel plak dari gigi). Anda harus mengikuti petunjuk dokter untuk menyikat gigi dan flossing yang tepat. Dokter akan memberikan obat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan gusi.