Chalazion Atau Benjolan Pada Kelopak Mata

Chalazion Atau Benjolan Pada Kelopak MataChalazion ditandai dengan benjolan kecil pada kelopak mata yang menyebabkan pembengkakan kelopak mata. Kelenjar meibom adalah kelenjar kecil dalam kelopak mata dan terlihat di dekat bulu mata. Kelenjar meibom menghasilkan cairan berminyak yang berfungsi melumasi mata agar mata tidak kering. JIka kelenjar meibom mengalami masalah maka cairan yang mau keluar terhalangi hal inilah yang dapat menyebabkan benjolan pada kelopak mata atau chalazion atau dalam bahasa bugis disebut bicekang (penyakit bicekang).

Chalazion biasa terjadi setelah mata terinfeksi. Tembel adalah infeksi mata yang terjadi pada saluran kecil yang lebih menyakitkan, tetapi chalazion tidak menimbulkan rasa sakit. Bagi beberapa orang ukuran chalzion bisa tumbuh hingga ukuran kelereng kecil. Seringkali benjolan ini tidak memerlukan pengobatan apapun. Anda dapat mengompres dengan air hangat pada kelopak mata untuk melonggarkan kelenjar cairan tersebut.

Gejala:

Beberapa gejala chalazion adalah pembengkakan kelopak mata, benjolan terjadi didekat bulu mata baik bagian luar atau dalam kelopak mata. Benjolan ini menimbulkan rasa sakit namun adapula yang tidak merasakan sensasi apapun. Dalam kasus yang jarang terjadi chalazion atau bicekang dapat mempengaruhi penglihatan menyebabkan penglihatan kabur.

Penyebab:

Chalazion disebabkan karena penyumbatan saluran kelenjar meibom pada kelopak mata. Partikel berminyak menyumbat saluran membentuk benjolan pada kelopak mata. Tapi chalazion bukanlah infeksi dan tidak menular.

Beberapa orang berada di bawah risiko mengalami blepharitis (radang kelopak mata) dan rosacea (kemerahan kulit hidung dan pipi) karena kondisi ini. Dengan mencuci wajah secara teratur dengan air bersih dan menjaga kelopak mata Anda bersih Anda dapat menghindari situasi ini.

Pengobatan:

Bentuk ringan chalazion dapat dengan mudah diobati dengan menggunakan kompresi hangat. Anda dapat menggunakan kain lembut dan rendam dalam air hangat. Oleskan pada kelopak mata yang bengkak selama 10-15 menit dan ulangi proses ini beberapa kali sehari. Anda harus berhati-hati menerapkan kompresi hangat karena kelopak mata sangat halus.

Anda juga bisa mengoleskan cairan telur kecoak, namun beberapa orang tidak bisa menarapakan hal ini karena mereka jijik terhadap serangga itu. Jika anda menerapkan pengolesan telur kecoak sebaiknya menggunakan sebelum tidur. Chalazion akan mengecil dan hilang dalam 1-2 hari.

Bahkan tanpa pengobatan, chalazion akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Dalam kasus yang jarang terjadi, chalazion harus diangkat melalui pembedahan jika ukuran benjolan terlalu besar. Anestesi lokal diterapkan dan benjolan yang lembut diangkat melalui pembedahan.

Gambar Chalazion:

chalazion_Bicekang  Bicekanggambar chalazion