Kiprah Abnormal atau Gaya Berjalan Tidak Normal

Kiprah Abnormal atau Gaya Berjalan Tidak NormalIstilah “Kiprah” berarti pola dan gaya berjalan yang ombang-ambing ini merupakan kondisi berjalan tidak normal. kiprah abnormal terjadi disebabkan karena cedera pada otak, sumsum tulang belakang, cedera pada kaki dan bahkan trauma pada telinga bagian dalam. Kadang pula dipengaruhi oleh kondisi medis tertentu seperti penyakit Parkinson, Guillain Barre Syndrome, dan multiple sclerosis.

Gaya berjalan tidak normal merupakan hasil dari deformasi otot yang tidak terkendali pada kaki dan masalah tertentu di otak dan sistem saraf pusat. Kondisi ini sering terlihat pada orang usia tua yang mungkin mengalami kesulitan dalam berjalan karena faktor usia dan masalah medis yang mendasarinya. Mereka yang sudah tua tidak akan memiliki stabilitas dan keseimbangan ketika berjalan karena disebabkan oleh kiprah abnormal.

Jenis:

Kiprah digambarkan sebagai gaya berjalan atau bagaimana seseorang berjalan. Sering kali kita tidak dapat mengontrol gaya berjalan karena masalah fisik atau medis.

Ada 5 jenis kiprah berdasarkan gaya berjalan.

Propulsive gait adalah posisi berjalan dengan postur tubuh membungkuk kaku dengan kepala ke depan.

Spastic gait adalah istilah yang menggambarkan gaya berjalan kaku dan menyeret kaki ketika berjalan.

Steppage gait adalah gaya di mana ujung jari kaki ke bawah. Dalam posisi ini jari-jari kaki akan mengikis tanah ketika berjalan.

Waddling gait adalah gaya berjalan seperti bebek dan kondisi ini sering terlihat di masa kecil.

Penyebab:

Kiprah abnormal disebabkan oleh penyakit di berbagai bagian tubuh. Arthritis adalah penyebab pertama yang mempengaruhi sendi kaki yang membuat penderita penyakit ini berjalan tidak normal.

Propulsive gait disebabkan oleh keracunan bahan kimia seperti karbon monoksida atau mangan. Hal ini dapat terjadi sebagai efek samping dari penyakit Parkinson dan asupan obat-obatan seperti phenolthiazine, loxapine, thiothixene.

Spastic gait disebabkan karena abses di otak, trauma kepala, tumor otak, stroke, cerebral palsy, multiple sclerosis, gagal hati, trauma atau cedera pada tulang belakang dan tumor di sumsum tulang belakang.

Steppage gait disebabkan karena kelemahan otot, multiple sclerosis, masalah disc lumbal, cedera tulang belakang, poliomyelitis dan Guillain Barre Syndrome.

Wadding gait adalah hasil dari bawaan hip dysplasia, miopati atau kelemahan otot, distrofi otot dan masalah tulang belakang.

Ataxic gait disebabkan oleh keracunan alkohol, masalah otak akut, dan cedera otak, degenerasi sel-sel saraf di otak kecil, poli-neuropati dan asupan obat-obatan seperti fenitoin.

Pengobatan:

Mengobati masalah ini sangat penting untuk berjalan dalam posisi normal. Dalam kasus jika orang tersebut menderita gangguan konversi, dia harus diberi konseling dan juga dukungan keluarga untuk keluar dari trauma. Dalam kasus cedera fisik atau fraktur hanya butuh istirahat total dan gunakan obat terbaik untuk penyembuhan.