Penyakit Livedo Reticularis

Penyakit Livedo ReticularisLivedo reticularis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan warna keunguan pada kulit yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah yang menghentikan aliran darah normal. Hal ini ditandai dengan perubahan warna kulit yang menjadi kemerahan dalam warna biru. Lapisan kulit berubah warna dan menjadi pucat. Kondisi ini banyak terlihat di telapak tangan, kaki dan tubuh. Hal ini banyak mempengaruhi orang-orang terutama saat cuaca dingin.

Tapi penyakit ini hanya mempengaruhi pembuluh darah yang dangkal dan karenanya tidak merugikan kapiler darah yang mendasar dan pembuluh darah. Iklim dingin memicu pelebaran pembuluh darah menyebabkan perubahan warna kulit.

Penyebab:

Masalah medis dapat menyebabkan livedo reticularis pada beberapa orang. Misalnya kulit marbled dapat menyebabkan masalah ini pada bayi ketika bayi terkena cuaca dingin. Hal ini sering terjadi sebagai difusi sementara dan tidak menghasilkan gejala yang dapat dilihat. Untuk beberapa anak livedo reticularis diwariskan karena kelainan kromosom atau karena masalah neurologis.

Livedo reticularis adalah gangguan jinak yang menyebabkan bintik terlihat pada lapisan kulit bagian atas. Hal ini terjadi karena pembengkakan pembuluh darah atau kapiler yang menyebabkan lebih banyak aliran darah ke daerah tertentu yang menyebabkan warna merah atau ungu.

Idiopathic livedo reticularis mempengaruhi orang-orang paruh baya selama musim dingin. Gejala awal dari bintik terlihat selama musim dingin disertai dengan kesemutan pada lengan dan kaki. Hal ini dapat disebabkan oleh peradangan pembuluh darah atau karena obstruksi aliran darah bebas. Penyakit ini dapat terjadi dalam kombinasi dengan rheumatoid arthritis, dermatomiositis, systemic lupus, limfoma dan pankreatitis.

Obstruksi dalam jalur darah dapat terjadi karena infeksi seperti sifilis, gumpalan darah terbentuk dari platelets sticky, karena volume besar endapan kalsium, adanya kelebihan sel darah merah dan karena emboli kolesterol. Kondisi ini juga dapat terjadi sebagai efek samping dari obat-obatan seperti Amantadine.

Gejala:

Tanda-tanda livedo reticularis bervariasi pada setiap orang. Beberapa gejala umum dari penyakit ini adalah kulit berwarna biru atau ungu dengan pola yang tidak teratur pada kaki berukuran 2-3cm diameter atau lebih. Hal ini tidak akan menyebabkan iritasi atau rasa sakit atau ketidaknyamanan penderita.

Namun bagi sebagian orang dapat menyebabkan kesemutan atau mati rasa pada lengan dan kaki jika disertai penyakit tertentu. Bisa terjadi bengkak atau peradangan pada daerah yang terkena dan pada kasus berat dapat menimbulkan bisul.

Pengobatan:

Jika Anda memiliki kulit berwarna biru ungu pada kaki hal itu dapat disebabkan kareana livedo reticularis. Jika Anda merasa sakit atau bengkak pada daerah yang terkena, perlu berkonsultasi dengan dokter.

Karena penyakit ini tidak menyebabkan perubahan warna kulit tidak berbahaya maka tidak ada perawatan yang diperlukan. Namun jika kondisi ini disertai dengan pembengkakan atau bisul, maka dokter akan memeriksa dan memberikan perawatan yang cocok untuk anda.

Untuk orang yang menderita penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis obat anti-inflamasi diresepkan untuk mengurangi pembengkakan. Anticoagulants diberikan tergantung pada gejala dari pasien. Beberapa orang akan diberikan suntikan corticosteroid untuk menyembuhkan pembengkakan.

Melakukan olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu pelebaran pembuluh darah. Hindari keluar rumah tanpa alas kaki dalam cuaca dingin.