Kelenjar Getah Bening Bengkak Di Bawah Rahang

Kelenjar Getah Bening Bengkak Di Bawah RahangKelenjar getah bening berperan penting dalam mekanisme pertahanan untuk melawan infeksi. Kelenjar getah bening menghasilkan limfosit yang menyaring bakteri berbahaya dan infeksi lain yang menyebabkan mikroorganisme untuk melakukan pergerakan ke dalam aliran darah. Kelenjar getah bening juga membantu dalam mempertahankan keseimbangan cairan.

Pembengkakan kelenjar getah bening paling umum ditemukan di bawah rahang, belakang telinga, ketiak dan daerah selangkangan.

Gejala:

Akan ada pembengkakan di bawah rahang, besarnya 2-3 kali sehingga lebih mudah untuk merasakannya.

Terasa sakit atau nyeri di bawah lengan. Kemerahan dan perasaan hangat menunjukkan pembengkakan kelenjar getah bening. Bagi sebagian orang bisa ada gejala lain seperti demam dan sakit tenggorokan karena pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala-gejala ini menunjukkan infeksi yang menyebabkan peradangan kelenjar getah bening.

Penyebab:

Ketika jumlah bakteri atau virus melebihi dalam jumlah limfosit maka kelenjar tidak mampu untuk menyaring. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan akumulasi bakteri pada kelenjar getah bening sehingga terjadi bengkak.

Hal ini dapat terjadi karena infeksi bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan, infeksi gigi, infeksi kulit atau infeksi telinga. Kadang-kadang kelenjar getah bening bisa membengkak karena penyakit menular seksual yang juga merupakan salah satu faktor infeksi.

Infeksi pada payudara, beberapa jenis kanker dan gangguan kekebalan kronis seperti lupus dan rheumatoid juga dapat menyebabkan peradangan pada kelenjar getah bening.

Diagnosa:

Dokter Anda akan memeriksa secara fisik dan mencari gejala lain seperti kemerahan dan nyeri di bawah lengan untuk mengetahui ukuran kelenjar getah bening.

Pengobatan:

Untuk gejala lebih ringan infeksi kelenjar getah bening tidak ada perawatan yang khusus. Infeksi ini akan normal dalam beberapa hari. Jika ketiak terasa sangat sakit karena peradangan dan infeksi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

Antibiotik oral dapat diresepkan untuk menghancurkan bakteri penyebab infeksi. Anda akan diberikan ibuprofen dan obat penghilang rasa sakit lain untuk mengurangi peradangan. Tylenol dan aspirin juga dapat diminum.

Namun jika penyebabnya adalah gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis maka pengobatan yang diberikan sesuai untuk mengendalikan gejala.

Pengobatan Yang Dapat Dilakukan Di Rumah:

Anda dapat melakukan kompresi hangat pada pembengkakan kelenjar getah bening di bawah lengan.