Keriput

KeriputKulit mengalami perubahan dramatis disebabkan karena faktor usia. Sel-sel lemak mulai menyusut dan kulit kehilangan elastisitas dari usia muda, garis dan kerutan mulai terbentuk. Garis-garis halus dan kerutan disebut keriput dan masalah ini cenderung terjadi pada wajah, bawah mata, sekitar mata dan dahi.

Keriput dapat mempengaruhi harga diri seseorang. Masyarakat kita telah pintar untuk memilih melakukan perawatan kulit seperti perawatan wajah terutama pada wanita. Berkat ini, perawatan kulit dan industri kosmetik terus berkembang dan kita dibombardir dengan produk dan perawatan yang menjanjikan kita awet muda. Sementara beberapa produk dapat membantu mengurangi keriput dan masalah kulit lainnya, seperti cream yashodara.

Gejala Keriput:

Keriput dikelompokkan ke dalam dua jenis yaitu garis halus dan alur-alur. Keriput kebanyakan terjadi pada wajah, leher, tangan, dan lengan atas.

Penyebab Keriput:

Penyebab utama keriput adalah sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet yang berbahaya dari sinar matahari (UVA dan UVB) bertanggung jawab untuk hampir semua gejala penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa sejumlah kecil sinar matahari dapat memicu proses yang menyebabkan keriput. Selain dari sinar matahari, faktor lain yang dapat meningkatkan mengembangkan keriput meliputi:

– Merokok: Merokok meningkatkan produksi radikal bebas berbahaya dalam tubuh yang berkontribusi terhadap proses penuaan dini.

– Polusi: Polutan di udara dapat menguras jumlah vitamin E di kulit. Vitamin E merupakan antioksidan penting yang diperlukan untuk menjaga kulit halus dan tidak rusak.

– Berat Badan: Kehilangan berat badan terlalu banyak dan terlalu cepat dapat menyebabkan kulit melorot dan meningkatkan kerutan.

– Diet Tidak Sehat: Orang yang melakukan diet yang tidak sehat dari makanan berlemak dan gula halus cenderung menua lebih cepat daripada mereka yang makan sehat.

– Olahraga: Kurangnya olahraga dapat menghambat sirkulasi darah yang tepat dan mengurangi jumlah oksigen ke kulit. Hal ini pada gilirannya menyebabkan keriput dan penuaan lebih cepat.

– Pekerjaan: Jika pekerjaan Anda di luar ruangan dan terkena sinar matahari, Anda mungkin akan lebih rentan terhadap keriput dan kerusakan kulit.

– Keturunan: Dalam beberapa keluarga kerutan terjadi karena hubungan genetik.

– Kulit Pigmentasi: Orang dengan kulit putih cenderung menua lebih cepat daripada mereka yang berkulit gelap.

Pengobatan Keriput:

Ada beberapa solusi alami untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Jika Anda mau, Anda bisa mencoba beberapa perawatan kulit alami, seperti:

– Jus Lemon: Pijat jus lemon seluruh kulit Anda untuk membantu menghilangkan keriput.

– Juice Kubis: Walaupun ini obat kuno namun ini dapat membantu menghilangkan keriput. Jus kubis harus dipijat di atas kulit wajah dan dibiarkan kering. Setelah mengering jus, bilas dengan air hangat. Jus kubis diyakini membantu mengencangkan otot-otot wajah.

– Air Mawar: Pengobatan lain anti-penuaan pada wajah terdiri dari air mawar, madu dan kunyit. Gunakan campuran ini ke kulit yang terkelupas. Kegunaan: menghilangkan kulit mati dan mencegah keriput.

– Pepaya: Haluskan pepaya matang dan oleskan ke wajah dan leher. Vitamin yang ditemukan dalam pepaya membantu menjaga kulit halus dan keriput.

– Putih Telur: Ini adalah obat populer untuk penuaan kulit. Gunakan putih telur dicampur dengan minyak kelapa ke wajah dan biarkan mengering setelah itu bilas dengan air. Hal ini membantu mempertahankan elastisitas kulit dan menghilangkan tanda-tanda penuaan. Minyak kelapa bekerja sebagai pelembab dan mencegah dehidrasi kulit.

– Nanas: Nanas kaya akan antioksidan dan merupakan buah yang dikenal untuk efek anti-penuaan. Gunakan jus nanas ke seluruh kulit dan biarkan selama lima menit sebelum dibilas. Hal ini meningkatkan tingkat Alpha Hydroxy Acids-(AHA) pada kulit yang penting untuk melawan proses penuaan.

– Gunakan Minyak: Memijat wajah dengan minyak seperti minyak vitamin E, minyak jarak atau minyak kelapa. Hal ini dapat membantu mencegah dehidrasi kulit.

– Pengunaan Cream: Cream Yashodara dapat membantu mengencangkan kulit wajah, mencerahkan wajah dan menjaga kulit tetap halus.