Penyakit Piles

Penyakit PilesBawasir atau wasir dalam istilah medis disebut Piles atau yang umum dikenal sebagai penyakit ambeien. Bawasir adalah pembengkakan urat-urat pada dubur, menyebabkan seseorang sulit buang air besar (tinja). Wasir sangat menyakitkan karena terjadi peradangan pembuluh darah di bagian bawah rektum. Kondisi ini sangat umum terjadi pada perempuan selama kehamilan dan setelah melahirkan.

Penyebab:

Penyebab utama wasir adalah karena permasalahan pada ujung usus besar yaitu anus. Sembelit, infeksi pada rektum dan anus, susah buang air besar, susah duduk dalam waktu yang lama dan penyakit hati juga dapat menyebabkan wasir.

Piles dapat terjadi baik di dalam tubuh yang disebut sebagai wasir internal terjadi dalam anus atau titik awal dari rektum. Kadang-kadang terjadi wasir eksternal pada pembukaan anal atau menggantung keluar dari anus.

Gejala:

Tanda-tanda wasir yaitu gatal-gatal pada dubur, nyeri dubur, dan adanya darah kelaur bersamaan dengan tinja, sering nyeri saat buang air besar, terjadi benjolan di dalam dan sekitar anus.

Pengobatan:

Pengobatan ringan bagi penderita wasir/piles/ambeien yaitu dengan Salep topikal untuk mengurangi rasa sakit. Pengobatan ambeien menggunakan salep yang mengandung lidokain dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Jika terasa gatal pada anus cukup mengoleskan witch hazel dan memakai pakaian katun yang longgar. Air hangat dapat juga menggobati rasa gatal.

Jika sampai terjadi benjolan pada anus dokter mungkin melakukan koagulasi infrared untuk mengecilkan benjolan pada anus dan dokter dapat melakukan pembedahan jika wasir sudah sangat parah.