Penyakit Arteri Perifer

Penyakit Arteri PeriferKumpulan penyakit menular pada arteri yang membawa darah ke organ vital akan menyebabkan penyakit arteri perifer atau peripheral artery disease.

Kelebihan lemak dan kalsium akan membetuk penyakit di dalam arteri yang menyebabkan darah tidak mengalir ke organ tubuh lainnya. Kondisi ini disebut atherosclerosis, jika oksigen dalam darah tidak cukup mengalir ke kepala, jantung dan organ lainnya maka akan mendapatkan penyakit yang serius. Penyakit arteri perifer biasanya ditemukan pada arteri yang menuju ke kaki,kepala,ginjal dan tangan.

Gejala:

Gejala penyakit arteri perifer yang umum ditemukan seperti nyeri pada kaki saat berdiri karena tidak optimalnya aliran darah. Kebanyakan orang mengalami rasa sakit pada otot dan kram atau kaku pada kaki saat berdiri tetapi rasa sakit ini cepat hilang. Penyakit arteri perifer asimtomatik (tidak ada tanda-tanda untuk mendiagnosis). Orang akan mengalami gejala mati rasa di kaki, luka pada kaki, perubahan warna kaki, rambut rontok, denyut nadi melemah dan ereksi pria tidak berfungsi secara normal.

Penyebab:

Penyebab utama penyakit arteri perifer adalah atherosclerosis, karena lemak membuat penyakit pada arteri yang menyebabkan aliran darah berhenti. Terkadang atherosclerosis disebabkan karena peradangan pembuluh darah dan cedera pada kaki.

Pengobatan:

Penyakit ini dapat disembuhkan dengan berhenti merokok bagi perokok dan membiasakan hidup sehat. Pengobatan diberikan dalam bentuk obat penurun kolesterol dan obat untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Pasien diabetes dan orang dewasa yang berada di atas 50 tahun harus mengontrol perubahan penyakit arteri pada kaki. Operasi bypass dan operasi angioplasty dapat dilakukan pada pasien penderita penyakit arteri perifer. Dalam kasus yang jarang terjadi, operasi thrombolytic dilakukan untuk menghilangkan bekuan darah di arteri.