Penyakit Kista Ganglion Kaki

Penyakit Kista Ganglion KakiGanglion adalah kumpulan badan sel saraf di luar atau di dalam sistem saraf sentral. Kista ganglion kaki adalah jenis tumor (bukan kanker) yang tumbuh berupa benjolan di kaki. Ini biasanya terjadi pada kaki meskipun mungkin terjadi di mana saja di tubuh.

Akan ada benjolan di ruang antara tulang dan kista terjadi ketika ada cairan. Kista juga dapat mengembangkan pada tendon yang melekat pada tulang atau otot kaki. Kista ganglion memiliki ukuran yang bervariasi tergantung pada beratnya penyakit.

Kista ganglion lebih banyak terjadi pada wanita usia 25-40 tahun, tetapi umumnya penyakit ini tidak berbahaya.

Gejala:

Kista ganglion kaki ditandai dengan adanya benjolan atau kista pada kaki. Biasanya berukuran lebar 1-4 cm dan lembut. Biasanya terjadi pembengkakan di kaki menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit yang sangat terasa ketika seseorang bergerak menyentuh kista.

Kista berkembang pada ujung saraf yang dapat menyebabkan rasa kesemutan pada kaki yang terkena kista. Anda mungkin mengalami kesulitan memakai sepatu. Akan ada iritasi ringan karena benjolan jika memakai sepatu.

Penyebab:

Penyebab yang tepat untuk kista ganglion kaki tidak diketahui. Kista ganglion kaki dapat berkembang ketika tubuh terjatuh atau cedera. Kista ganglion kaki dapat terjadi bila ada kelainan pada sendi dari selubung tendon yang memungkinkan jaringan sekitarnya muncul di luar yang menyebabkan peradangan.

Diagnosa:

Pemeriksaan fisik semata sudah cukup untuk mendeteksi adanya kista ganglion. Jika dalam perawatan, dokter mungkin mengeluarkan cairan dari kista untuk pengujian. USG scan dapat dilakukan untuk menemukan penyakit kista yang menyerang pembulu darah.

Pengobatan:

Sering terjadi kista ganglion kaki tidak memerlukan pengobatan apapun jika menyakitkan. Dokter akan menyusun rencana yang cocok untuk pengobatan setelah memeriksa kista. Cara sederhana biasa dilakukan mengeluarkan nanah atau cairan dari benjolan dengan penggunaan jarum, sudah cukup untuk mengecilkan kista di bagian yang sakit.

Aspirasi merupakan prosedur yang digunakan untuk mengalirkan cairan terkumpul di dalam kista ganglion. Dokter mungkin menyuntikkan obat steroid ke kista untuk mengurangi rasa sakit dan tingkat peradangan.

Hyaluronidase adalah jenis steroid yang digunakan untuk mengobati nyeri arthritis dan saat ini obat Hyaluronidase banyak digunakan untuk mengobati kista ganglion kaki.

Operasi menjadi pilihan terakhir untuk menghilangkan kista apa bila terjadi kista ganglion kaki yang sangat parah.