Penyakit Kista Dermoid

Penyakit Kista DermoidKista dermoid muncul dalam berbagai bentuk seperti benjolan, rambut, gigi atau cairan pada kulit. Benjolan dapat dilihat langsung dari kelahiran anak.

Benjolan besar terlihat pada wajah, punggung bawah (sumsum tulang belakang) dan di dalam tengkorak.

Kadang dapat terjadi di ovarium wanita hamil. Kista dermoid dapat dihilangkan dengan mudah jika terjadi pada wajah.

Kista dermoid pada Ovarium:

Kista ini muncul baik tunggal atau berkelompok. Kista memiliki kemampuan tumbuh menjadi jaringan besar dan berkali-kali kombinasi jaringan tersebut ada dalam bentuk tumor, tulang, saraf, rambut dan tulang rawan.

Hal ini dapat terjadi dalam satu ovarium atau keduanya. Ukuran kista terlalu kecil berukuran kurang dari setengah inci. Kista dermoid Sangat sering dalam ovarium asimtomatik (tanpa gejala) kecuali tumbuh sangat besar. Terjadi nyeri perut, kesulitan dalam buang air, kelebihan pendarahan vagina dan nyeri punggung.

Kista dermoid di Otak dan Spinal Cord:

Kista dermoid jarang berkembang di otak dan sumsum tulang belakang. Jika muncul, hal itu dapat menyebabkan infeksi dan operasi adalah satu-satunya pilihan untuk menghilangkannya. Mungkin juga berkembang pada rongga hidung dan sangat rumit untuk mengobatinya.

Penyebab:

Begitu jaringan kista dan struktur kulit janin terjebak dan tumbuh menjadi beberapa lipatan kulit dalam bentuk folikel rambut atau kelenjar keringat atau gigi atau saraf seperti pola yang teratur. Kista dermoid muncul pada saat kelahiran.

Gejala:

Nyeri perut, tekanan pada daerah panggul, nyeri punggung bawah, perdarahan vagina dan kesulitan dalam buang air kecil adalah beberapa gejala umum dari kista dermoid di ovarium.

Untuk beberapa wanita, mungkin ada ketidaknyamanan selama hubungan seksual. Akan ada peningkatan berat badan menandakan kista tumbuh lebih besar. Ketika terjadi mual dan muntah terus menerus bersama dengan nyeri perut, Anda segera melakukan perawatan medis.

Diagnosa:

Penyakit kista dermoid dapat dikenali dengan mudah jika kista muncul pada wajah. Dalam kasus kista ovarium, CT scan dilakukan untuk mengetahui ukuran dan intensitas pertumbuhan kista.

Pengobatan:

Untuk kista dermoid pada wajah, seseorang tidak boleh menghilangkan tanpa bantuan orang yang ahli dalam bidang penyakit ini, karena ada kesempatan mendapatkan infeksi. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli bedah kosmetik untuk menghilangkan kista pada wajah.

Dalam kasus kista dermoid pada ovarium tidak ada perawatan yang diperlukan jika itu sangat kecil tanpa menyebabkan gejala apapun. Jika ukurannya besar dan ada rasa sakit perut, pembedahan dilakukan untuk menghilangkan kista. Hal ini dapat tumbuh menjadi sel-sel kanker atau tumor di dalam ovarium jika tidak dihilangkan.

Operasi harus dilakukan oleh tim ahli dari ahli bedah karena jika kista terinfeksi dan pecah dapat menyebar ke bagian lain.

Sulit untuk mengoperasikan kista dermoid di tengkorak dan sumsum tulang belakang. Ahli bedah saraf akan menentukan pilihan apakah harus dibedah atau tidak, yang sebelumnya melalui proses pengamatan.