Puting Susu Pemalu

Puting Susu PemaluInverted nipple atau puting susu terbalik menjadi perhatian besar bagi wanita yang sedang menyusui. Puting berbeda dalam bentuk dan ukuran. Puting susu merupakan organ yang berfungsi untuk menyusui bayi sesaat setelah persalinan. Jika puting menonjol dengan benar maka menjadi mudah bagi bayi untuk melekatkan mulutnya. Puting datar dan puting susu terbalik (puting susu pemalu) menyulitkan ibu dan bayi saat memberikan ASI.

Sekitar 25-35% dari wanita yang sedang hamil tidak akan memiliki puting  menonjol dengan benar. Banyak kasus, puting akan muncul setelah ibu mulai menyusui anaknya. Puting susu terbalik sebenarnya tidak akan mengganggu setiap wanita yang ingin merawat anaknya. Sebenarnya berbicara, bayi dapat menyembuhkan puting susu terbalik ibu jika ia mampu mengisap dengan baik.

Penyebab:

Puting susu pemalu dan puting datar secara medis tidak berbahaya dan sangat umum ditemukan pada perempuan menyusui. Secara medis disebut sebagai “shy” puting yang terlihat sering ditarik “inward”. Herediter adalah penyebab utama puting pemalu karena bagi banyak perempuan itu merupakan faktor kelahiran. Namun jenis puting pemalu bisa ditarik keluar melalui stimulasi atau pijat yang tepat ketika ia hamil. Alasan sebenarnya untuk mewarisi puting pemalu adalah jaringan di bawahnya dan ligamen payudara.

Ligamen ini pendek dan jaringan ikat ini menarik ke dalam puting terhadap jaringan payudara membuat puting menjadi terbalik. Hal ini disebabkan oleh adhesi yang ditemukan di dalam payudara yang menarik puting susu ke dalam. Bagi beberapa wanita, (dalam masalah, mereka tidak mewarisi puting terbalik) kulit dapat menjadi longgar yang akhirnya akan mengendurkan puting.

Gejala:

Seorang wanita dengan mudah mengidentifikasi puting terbalik dengan pemeriksaan fisik. Anda dapat melakukan “pinch” tes untuk mengidentifikasi puting pemalu. Hanya memegang payudara dengan tangan Anda menekan pada ujungnya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Jika puting menonjol di luar, maka gerakan yang Anda lakukan benar.

Tingkat inversi dapat bervariasi pada wanita mulai dari sedikit pembalikan ke inversi yang benar. Puting terbalik sejati tidak akan menonjol dengan stimulasi atau tes pinch (mencubit).

Pengobatan:

Dalam kasus puting terbalik atau yang kami istilahkan sebagai puting pemalu, wanita hamil dapat berkonsultasi dengan dokter selama tahap kehamilan. Dia akan menyarankan melakukan beberapa pijatan dan terapi stimulasi untuk menarik puting keluar secara bertahap. Dalam kasus yang parah, Anda dapat menggunakan alat hisap untuk menyusui bayi. Hal ini diperlukan untuk menjaga payudara bersih saat menggunakan alat seperti pompa payudara dan Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Beberapa dokter menyarankan menggunakan kerang payudara (breast shells) yang tidak lain hanyalah gelas plastik untuk mengerahkan tekanan konstan pada areola payudara. Wanita hamil bisa memakai bra khusus dengan kerang payudara sebelum bayi lahir agar puting susu dapat menonjol.