Sindrom Turner

Sindrom TurnerSindrom Turner juga disebut sebagai Monsomy X adalah kelainan genetik di mana anak perempuan merindukan sepasang kromosom X normal.

Biasanya setiap anak mewarisi 23 pasang kromosom dari yang kedua adalah kromosom seks yang menentukan jenis kelamin anak. Jika anak perempuan, itu akan memiliki dua kromosom XX dan jika anak laki-laki itu akan memiliki kromosom XY. Namun pada anak-anak sindrom turner, anak perempuan akan hanya memiliki satu kromosom X, hilang yang lain. Tingkat kejadian monosomi X adalah sekitar 1 dalam setiap 2.000 Anak.

Gejala:

Gejala penyakit sindrom turner adalah tangan bengkak, leher berselaput, dan kaki lebar yang banyak ditemukan pada bayi. jika terjadi pada anak perempuan, akan ada pubertas lengkap, payudara kecil dan tidak adanya rambut kemaluan. Karakter seksual sekunder hampir tidak ada atau sangat rendah pada anak-anak tersebut. Mereka tidak akan mempunyai siklus menstruasi dan tidak subur. Dalam beberapa kasus vagina berkembang dengan baik tapi benar-benar kering.

Pengobatan:

Tidak ada pengobatan sindrom turner yang disebabkan oleh faktor kelahiran. Penyuntikan hormon pertumbuhan pada anak-anak yang terkena dampak dapat meningkatkan tinggi badan mereka. Beberapa dokter mencoba memberikan terapi estrogen bagi perempuan untuk mendorong pertumbuhan rambut dan perkembangan payudara.

Wanita dengan sindrom tersebut dapat berhubungan seks tetapi akan menyakitkan. Karena mereka tidak subur, mereka dapat mengadopsi anak atau sel telur yang didonor untuk ditanamkan pada rahim wanita agar mempunyai bayi.