Tiroksin

TiroksinTiroksin adalah nama dari hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid yang melakukan aktivitas metabolisme. Ini juga mengontrol laju tingkat oksidasi dalam sel. Hormon tiroksin mengandung 65% yodium yang diperlukan untuk produksi hormon T3 dan T4 (tirosin). Ketika ada kekurangan yodium secara otomatis akan mengurangi produksi hormon T3 dan T4 yang akan menyebabkan gondok. Ketika ada peningkatan tiroksin ini mengarah ke suatu kondisi yang disebut hipertiroidisme.

Oleh karena itu hormon tiroksin harus ada pada tingkat optimal untuk kesehatan yang normal.

Fungsi:

Hormon tiroid bertanggung jawab untuk peredaran kandungan protein dalam darah. Sebagian besar hormon akan berisi protein dan hanya beberapa dari hormon yang bebas beredar secara biologis.

Oleh karena itu tiroksin melaksanakan tugas transportasi plasma semua sel dalam tubuh. Hormon tiroid tidak bisa melalui membran sel seperti zat lipofilik.

Fungsi utama dari tiroksin adalah untuk mengontrol tingkat metabolisme dalam tubuh kita. Ini membantu untuk mengatur pertumbuhan tulang dalam kombinasi dengan hormon pertumbuhan. Lebih lanjut bertindak untuk meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap katekolamin.

Hormon tiroid mutlak diperlukan untuk perkembangan sel-sel dan hormon tiroid sangat penting dalam mengendalikan metabolisme protein dan lemak dalam tubuh Anda. Di samping itu, juga mengontrol berbagai kegiatan fisiologis dan membantu generasi panas dalam tubuh.

Pada hewan, tiroksin bertanggung jawab untuk masa hibernasi dan mengontrol perilaku molting pada unggas.

Kelebihan Tiroksin:

Dalam satu desiliter darah, harus ada 4,5 – 11,2 mcg tiroksin dalam darah. Hal ini dianggap sebagai standar dari tingkat hormon dan apa bila lebih rendah dan lebih tinggi dari tingkat normal, itu berbahaya.

Ketika tingkat tiroksin melebihi batas dan beredar secara berlebihan, kondisi ini disebut hipertiroidisme (penyakit Grave). Demikian pula, ketika tingkat di bawah 4,5 maka kondisi ini disebut hipotiroidisme, yang timbul karena kekurangan tiroksin. Orang dengan tingkat tiroksin rendah akan memiliki kulit kering dengan bercak putih, refleks lambat, denyut nadi lambat, jantung membesar. Gondok terjadi karena kondisi tingkat tiroksin rendah dalam darah dan orang-orang tersebut akan cepat naik berat badannya, lemah, nyeri sendi dan kekakuan pada sendi. Mereka juga akan memiliki gejala kesulitan dalam konsentrasi, kehilangan ingatan dan selalu tidur. Mereka lebih rentan terhadap serangan jantung dan stroke dibanding orang normal.

Pada hipertiroidisme, tiroksin per desiliter melebihi batas normal dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Orang dengan kelebihan tiroksin akan memiliki tumor germ cell, penyakit grave, dan penyakit trofoblas. Mereka akan banyak berkeringat pada seluruh tubuh dan kulit mereka akan lembab hampir sepanjang waktu. Selanjutnya kuku mereka akan naik di atas kulit menandakan kondisi kuku Plummer. Denyut nadi mereka akan sangat tinggi dengan peningkatan palpitasi.

Pengobatan:

Dokter akan mengontrol hormon T3 dan T4 untuk mengobati kekurangan tiroksin. Levothyroxine adalah obat yang diberikan untuk mengobati kekurangan hormon tiroksin (hipotiroidisme).