Diet Dapat Mencegah Penyakit Ginjal

Diet Dapat Mencegah Penyakit GinjalKebiasaan makan makanan yang tidak sehat, merokok dan kelebihan berat badan (obesitas) akan berdampak positif terhadap risiko penyakit ginjal, menurut penelitian oleh badan National Kidney Foundation (NKF) di New York.

Dalam penelitiannya yang dipimpin oleh Alex Chang, MD, MS dari Universitas Johns Hopkins menemukan bahwa orang dengan fungsi ginjal normal kemungkinan kecil akan mengalami gagal ginjal jika melakukan diet yang benar.

Mengkonsumsi daging olahan, minuman manis dan soda, serta kurang makan buah, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu rendah lemak, lebih berisiko mengalami penyakit ginjal. Hanya 1% dari individu yang berisiko terserang penyakit ginjal karena faktor gaya hidup yang tidak sehat yang berhubungan dengan perkembangan protein dalam urin mereka, ini menjadi awal dari kerusakan ginjal. Dibandingkan dengan 13% dari individu dengan tiga faktor gaya hidup seperti, pola makan yang tidak sehat, merokok dan obesitas.

Orang obesitas dua kali lebih berisiko gagal ginjal jika Body Mass Index (BMI) atau indeks massa tubuh lebih dari 30. Lain lagi bagi orang-orang yang merokok. Menurut penelitian yang dilakukan, mereka yang merokok 60% kemungkinan mengalami penyakit ginjal.

“Tidak seperti keluarga yang memiliki riwayat penyakit ginjal. Diet, merokok, dan obesitas merupakan faktor gaya hidup yang dapat diubah. Dengan makanan yang baik, berhenti merokok, dan menjaga berat badan dapat melindungi ginjal dan mencegah kerusakan ginjal di masa depan,” kata Alex Chang si peneliti.

Tips Mencegah Penyakit Ginjal dari National Kidney Foundation:

Jangan berlebihan mengkonsumsi natrium: Sekitar satu sendok teh garam, harus menjadi batas harian.

Kurangi daging merah seperti daging sapi: Diet protein tinggi, terutama yang jumlah besar mengandung protein hewani, dapat membahayakan ginjal.

Hentikan minum soda: minuman yang mengandung pemanis gula, seperti soda berkalori tinggi dan tidak mengandung nilai gizi. Cola memiliki aditif fosfor yang dapat membahayakan ginjal.

Memilih makanan olahan yang tepat: Kerupuk, keripik kentang dan campuran kentang instan merupakan contoh makanan olahan yang tinggi natrium dan fosfor aditif-baik yang dapat memiliki efek negatif pada ginjal.

Mengatur konsumsi gula: Overdosis gula dapat menyebabkan diabetes dan obesitas, yang terkait dengan penyakit ginjal.