Makanan Yang Harus Dihindari Pasien Fraktur (Patah Tulang)

Makanan Yang Harus Dihindari Pasien Fraktur (Patah Tulang)Mengalami fraktur (patah tulang) saat kecelakaan memanglah tidak diharapkan. Sebab dalam proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang cukup lama setelah melakukan operasi untuk menyatukan tulang yang patah. Bahkan ada juga pasien yang membutuhkan waktu bertahun-tahun agar tulang bisa kembali seperti semula.

Dalam penyembuhan pasien fraktur tentunya makanan sehat dan kaya akan nutrisi sangat mendukung dalam proses pennyembuhan. Dari itu ilmu penyakit memberikan beberapa rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan yang harus dihindari agar penyembuhannya cepat sembuh dibawah ini.

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang

Memperbanyak Asupan Kalori

Agar patah tulang sembuh lebih cepat Anda memerlukan banyak asupan kalori yaitu untuk orang dewasa sekitar 2.500 kalori per hari. Jika patah tulang yang dialami parah maka anda membutuhkan kalori lebih dari itu yaitu mencapai 6000 kalori.

Memperbanyak Asupan Protein

Selain tulang terdiri dari kalsium, sekitar 50 persen dari tulang terbentuk karena protein. Untuk itu jika anda ingin lebih cepat sembuh Anda harus memperbanyak asupan protein. Ketika fraktur terjadi, maka secara otomatis tubuh bakal mengumpulkan protein did alam tubuh untuk membuat tulang yang baru. Dianjurkan agar anda mengonsumsi makanan berprotein tinggi sekitar 10-20 gram per hari.

Memperbanyak Asupan Nutrisi anti-inflamasi

Ketika patah tulang tidak hanya tulang saja yang mengalami kerusakan tapi juga jaringan disekitarnya seperti otot dan daging. Hal ini biasanya akan menimbulkan bengkak atau radang disekitar tulang yang patah.

Jika mengalami patah tulang anda disarankan utuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, serta vitamin E dan C, likopen dan alpha lipoic acid yang mampu membantu meningkatkan kecepatan penyembuhan patah tulang karena dapat mengurangi efek negatif oksidatif dan juga menangkal radikal bebas. Kemudian untuk makanan yang tinggi vitamin C, bioflavonoid dan flavonol, asam lemak omega 3 dan enzim proteolik secara alami dapat menenangkan peradangan dan juga mempercepat penyembuhan tulang.

Memperbanyak Asupan Mineral

70 persen dari tulang merupakan mineral, makanya mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi mineral sangat dianjurkan jika ingin lebih cepat dalam penyembuhan patah tulang. Dan kandungan mineral yang harus dipenuhi adalah seng, kalsium, fosfor, tembaga dan silikon.

Memperbanyak Asupan Vitamin

Vitamin juga sangat berperan penting dalam penyembuhan patah tulang. Beberapa diantaranya yang memiliki peran penting dalam penyembuhan adalah vitamin C, D, K dan vitamin B terutama B6 yang dapat menghasilkan energi.

Asupan nutrisi diatas banyak terdapat pada buah dan sayur serta kacang-kacangan. Selain itu mengonsumsi ikan juga sangat dianjurkan.

Pantangan Makanan dan minuman bagi Pasien Patah Tulang

Kurangi minum susu ber calcium tinggi sebab susu yang bercalcium tinggi tidak masuk dengan lancar pada bagian tulang. Susu akan mengendap di persendian atau di patahan tulang sehingga membuat tulang terasa ngilu dari pada yang biasanya seba adanya penumpukan calcium di patahan tulang Anda.

Dapat mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi namun sangat dianjurkan agar tidak terlalu sering dan berlebihan.