Ciri ciri Penyakit Cacar Air (varicella) Mulai Sembuh

Ciri ciri Penyakit Cacar Air (varicella) Mulai SembuhCacar (varicella) adalah penyakit virus yang dapat menular yang disebabkan oleh virus varicella-zoster (VZV). Gejala utamanya terdapat banyak ruam pada kulit.

Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng. Bagian yang biasanya ditumbuhi bintil cacar air kurang lebih pada seluruh badan.

Umumnya perjalanan penyakit ini berlangsung antara 7 sampai 14 hari serta ditandai dengan penurunan demam. Sedangkan untuk pengobatannya dengan antivirus (terutama untuk dewasa, pada hari-hari pertama penyakit) dan sistematis yang ditujukan untuk mengurangi gejala, berupa penurun demam, misalnya parasetamol, dan antigatal, misalnya lotio kalamin.

Saat cacar air sembuh, virus varicella zoster tidaklah mati, melainkan hanya dormant (tidur secara sementara). Sewaktu waktu bila daya tahan tubuh sedang menurun, maka virus ini bisa kambuh dan aktif kembali dan menyebabkan penyakit cacar ular (herpes zooster).

Segeralah konsultasikan permasalahan Anda dengan dokter terdekat ketika tanda dibawah ini menyerang Anda agar tidak terjadi keterlambatan dan komplikasi penyakit.

  • Sakit dada.
  • Kesulitan bernapas.
  • Kulit di sekitar bintil menjadi merah dan terasa perih akibat terinfeksi.
  • Gejala-gejala dehidrasi seperti mulut yang kering dan jarang buang air kecil.