Kelainan Tulang Belakang Berhubungan dengan Penyakit

Kelainan Tulang belakang Berhubungan dengan PenyakitMendiagnosa adanya kelainan ruas tulang belakang seseorang dapat dilihat dari samping kiri atau samping kanan pasien, apakah terlihat bungkuk atau ada tonjolan pada punggung atau tidak.

Selain dari itu dapat juga diketahui dengan meraba raba dengan menggunakan ujung jari telunjuk, jari tengah dan jari manis pada bagian tengah ruas tulang belakang dari atas ke bawah.

Saat ditemukan adanya kelainan seperti tonjolan, kemudian pada titik yang ada tonjolannya cobalah tekan pelan dengan ujung ibu jari, bila terasa sakit atau ngilu mengindikasikan ada kelainan di tempat tersebut.

Pasien dalam keadaan posisi tengkurap, coba raba di sebelah kiri di bawah scapula (belikat) sampai dengan otot bagian atas pinggang (menggunakan ibu jari) apakah ada tonjolan atau tidak, jika ada tonjolan dan ketika ditekan pelan terasa sakit, hal ini mengindikasikan ada gejala penyakit radang lambung atau gastric ulser.

Bila ada tonjolan disebelah kanan bawah scapula (belikat) sampai otot bagian atas pinggang, hal ini mengindikasikan ada batu empedu atau penyakit liver.

Apabila diantara otot kiri samping scapula dengan ruas tulang belakang ada yang tidak merata dan ada tonjolan atau ada benjolan kecil, hal ini mengindikasikan ada kelainan jantung.

Bila bahu sebelah kiri turun ke bawah, hal ini dapat membengkokan ruas tulang belakang sehingga :

  • Sudut antara saluran keluar/outlet dari lambung ke usus 12 jari lebih kecil
  • Sekresi enzim pencernaan banyak/berlebihan
  • Sakit lambung/gastric ulcer

Bila bahu sebelah kanan menurun, maka ; sudut antara saluran keluar/outlet dari lambung ke usus menjadi tajam.

  • Hal ini mengakibatkan pencernaan tidak sempurna
  • Nafsu makan berkurang
  • Mudah terserang flu
  • Menimbulkan masalah paru-paru (asma)