Anatomi dan Mengenal Fungsi Kelenjar Prostat

Anatomi dan Mengenal Fungsi Kelenjar ProstatKelenjar prostat adalah kelenjar dari sistem reproduksi laki-laki, memiliki ukuran seperti buah kenari letaknya antara kandung kemih dan penis. Kelenjar prostat terletak dibagian leher kandung kemih di depan rectum (daerah anus) dan mengelilingi uretra saluran kencing. Prostat menghasilkan cairan putih seperti susu yaitu semen, yang akan ditambahkan ke sperma selama ejakulasi.

Vesikula seminalis yang terletak tepat di atas prostat merupakan  dua kelenjar kecil yang mengeluarkan sekitar 60% dari zat yang membentuk air mani. Sedangkan pada sisi prostat terletak saraf yang mengontrol fungsi ereksi.

Kelenjar prostat mengeluarkan cairan yang membantu untuk menyehatkan sperma. Kelenjar itu sendiri mengelilingi uretra, yang merupakan tabung yang membawa urin dari kandung kemih keluar melalui ujung penis. Prostat tumbuh lebih besar, karena menekan uretra. Penyempitan uretra dapat menyebabkan beberapa pria dengan pembesaran prostat memiliki masalah dengan buang air kecil.

Fungsi Kelenjar Prostat

Sebagian para ilmuwan belum mengetahui semua fungsi-fungsi prostat. Namun sebagai bagian dari sistem reproduksi pria, salah satu peran utamanya yang terpenting adalah :
–    menekan cairan keputihan (semen)  ke dalam uretra ( saluran kencing ) sebagai air mani selama klimaks seksual.
–    cairan prostat, yang membantu membuat air mani, energi sperma, merupakan bagian terbesar dari volume ejakulasi dan membuat saluran vagina menjadi kurang asam.

Kanker Prostat

Apa itu kanker prostat? Kelenjar prostat adalah organ yang ditemukan hanya pada pria, yang berarti bahwa orang hanya pria yang dapat terkena kanker prostat. Kanker terjadi ketika sel-sel normal mulai tumbuh dan berkembang tanpa kontrol normal mereka. Setelah sel-sel mengalami konversi, mereka berkembang biak dan membentuk suatu massa/benjolan yang disebut tumor. Karena pertumbuhan yang tidak terkendali mereka, tumor dapat menyerang jaringan sekitarnya dan mencapai organ-organ lain melalui aliran darah. Inilah yang disebut tumor ganas ( kanker).

Proses dimana kanker dapat menyerang dan menyebar ke organ lain disebut metastasis. Jaringan kanker menginvasi jaringan sekitar mereka dan mengambil oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan . Hampir semua kanker prostat adalah adenokarsinoma dari prostat, yang berarti bahwa mereka berasal dari sel sekresi kelenjar prostat.