Faktor dan Pencegahan Batu Kalsium Oksalat Pada Saluran Urin

Faktor dan Pencegahan Batu Kalsium Oksalat Pada Saluran UrinAnda pernah mungkin melihat orang yang terjangkit penyakit batu ginjal. Tahukah Anda penyebab orang mengalami sakit batu ginjal ini terjadi karena adanya endapan garam kalsium dalam ginjal sehingga menghambat keluarnya urine dan menimbulkan nyeri. Ada beberapa jenis dari penyakit batu ginjal berdasarkan sumber pembentuknya, pada kesempatan ini ilmu penyakit akan membahas seputar batu kalsium.

Sebagian besar batu ginjal adalah batu kalsium, biasanya dalam bentuk kalsium oksalat. Oksalat adalah zat alami yang ditemukan dalam makanan. Beberapa buah-buahan dan sayuran, serta kacang-kacangan dan cokelat, memiliki tingkat oxalate tinggi. Hati juga memproduksi oksalat.

Di zaman modern ini, sangat banyak pekerjaan yang menuntut kita untuk duduk di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama dan malas untuk minum karena merasa tidak haus. Padahal udara AC yang kering menyebabkan kita menjadi kekurangan cairan tanpa kita sadari. Pola hidup kurang gerak dan kurang minum ini semakin meningkatkan resiko terkenanya penyakit batu saluran kencing. Menurut Ikatan Ahli Urology Indonesia, pada Tahun 2002 terjadi 847 kasus dan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Ada beberapa jenis batu saluran kencing yang bisa terbentuk, seperti batu kalsium oksalat, ammonium magnesium phosphate, asam urat dan cystine. Tetapi Hampir 70% dari kasus batu saluran kencing merupakan batu kalsium oksalat.

Batu kalsium oksalat terbentuk karena adanya beberapa faktor antara lain:
Hiperkalsiuri yaitu tingginya kadar kalsium di dalam urin yang bisa disebabkan oleh tingginya pembuangan kalsium ke urin karena tingginya konsumsi kalsium atau bisa karena kurangnya jumlah urin yang dihasilkan. Karena jika urin yang dihasilkan semakin banyak, maka akan menurunkan konsentrasi kalsium di dalam urin. Sehingga mengurangi kepekatan urin oleh kalsium.

Hiperoksaluria adalah pembuangan oksalat urine yang melebihi 45 gr perhari. Keadaan ini banyak dialami oleh orang yang banyak mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung oksalat seperti teh, kopi instan dan terutama minuman soft drink.

Hipositraturia, adalah kondisi dimana sitrat dalam dalam urin sangat rendah. Di dalam urine, sitrat yang banyak terdapat dalam buah jeruk ini bereaksi dengan kalsium untuk membentuk kalsium sitrat, sehingga menghalangi terbentuknya pembentukan batu kalsium oksalat. Karena ikatan kalsium sitrat lebih mudah larut dalam urin, maka bisa mengurangi pembentukan batu kalsium oksalat.

Jadi dengan banyak mengkonsumsi air putih dan banyak mengkonsumsi buah jeruk serta mengurangi konsumsi teh, kopi dan soft drink, maka kita bisa mengurangi resiko kita untuk terkena batu kalsium di saluran kencing. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.