Sitostika atau Onkolitica

https://www.ilmupenyakit.comSitostatica atau onkolitica adalah zat-zat yang dapat menghentikan pertumbuhan pesat dari sel-sel ganas (maligne).

Prinsipnya adalah penggunaan obat-obat untuk dengan langsung merusak DNA (dan RNA) sel. Senyawa-senyawa ini mematikan sel-sel dengan menstimulir apoptosis.

Dosis dan jadwal kemoterapi terbatas pada daya tahan jaringan normal, terutama jaringan yang berkembang pesat seperti sumsum tulang dan mukosa saluran cerna.

Juga tergantung dari farmakokinetika obat bersangkutan dan afinitasnya terhadap jaringan tertentu. Mekanisme efek teraupetik dari obat-obat ini adalah mencari dan memanfaatkan perbedaan antara sel normal dan sel kanker, khususnya diarahkan pada defek-defek genetic dari sel kanker (biologi molecular).

Dalam beberapa kasus sifat toksiknya terhadap sel normal dapat dikurangi dengan misalnya pemberian factor pertumbuhan (growt factor) seperti granulocyte colonystimulating factor (G-CSF).

Karena kebanyakan tumor menimbulkan resistensi pesat terhadap obat tunggal, maka dikembangkan prinsip kemoterapeutika intermiten dengan multi drug, khusunya obat dengan mekanisme daya kerja yang berlainan tanpa toksisitas yang overlapping.