Hipertermi dan Terapi Sel Batang Dalam Penanganan Kanker

https://www.ilmupenyakit.com1. Hipertermi

Hipertermi adalah penanganan tumor dengan kalor sebagai terapi tambahan (additional, adjuvant theraphy) untuk memperkuat efek radiasi.

Kalor dari 430-440 bekerja mematikan langsung sel-sel tumor, terutama dalam lingkungan asam dan bila ada kekurangan oksigen (hypoxia), seperti halnya pada daerah tumor.

Karena pemanasan lama dengan seksama secara tehnis sulit sekali, maka hingga kini khusus digunakan pada tumor di permukaan (kulit, mamma, kelenjar leher). Hipetermi kini mulai diselidiki lagi manfaatnya.

2. Terapi Sel Batang

Terapi sel batang (stemcell-therapy) masih berada dalam tingkat eksperimentil. Prinsip dari penanganan regenerative ini terdiri atas menggantikan sel-sel cacat yang menyebabkan tumor dengan gen-gen sehat melalui cara-cara mutakhir.

Di A.S tengah dilakukan banyak riset dibidang ini yang sampai saat ini belum membuahkan hasil konkret.

Banyak ilmuan percaya bahwa terapi ini dalam rentan waktu 10-30 tahun akan menjadi cara penanganan kanker yang sangat penting.

Dibidang Kardiovaskuler sudah dilaporkan hasil baik dengan implantasi sel batang setelah infark jantung.

Sum-sum tulang penderita disuntikkan kedalam arteri jantung, kemudian sel-sel batang berkembang menjadi jaringan jantung guna menggantikan sel-sel mati.