Penanganan dan Pengobatan Kanker

https://www.ilmupenyakit.comAda berbagai cara penanganan kanker, antara lain pembedahan, penyinaran, kemoterapi, hormone terapi, imunoterapi dan hipertermi.

Sering kali cara-cara ini dikombinasikan, yakni penanganan secara local dan sistematis pada saat dideteksi penyakit.

Pembedahan dan radiasi dapat mencapai penyembuhan lengkap (kuratif) bila dilakukan sendini mungkin dan bila belum terjadi metastasis.

Kemoterapi dengan sitostatika dapat menyembuhkan hanya sejumlah kecil jenis kanker. Pengobatan kanker yang sudah menyebar lazimnya hanya bersifat paliatif, yakni meringankan gejala tanpa dapat menyembuhkan penyakit.

Obat yang digunakan terhadap kanker (sitostatika) didasarkan atas penghentian mekanisme proliferasi sel, sehingga bersifat toksis bagi sel tumor maupun sel normal, terutama sel sumsum tulang, epitel saluran pencernaan dan folikel rambut (rambut rontok).

Selektivitas dari sitostatika berdasarkan kenyataan bahwa sel kanker membelah jauh lebih intensif dari pada sel jaringan normal.

Sebagian obat hanya efektif pada fase tertentu dari siklus pembelahan sel (phase specific drug), seperti (zat antimetabolit, alkaloida vinca dan senyawa taxan).

Sebagian lain efektif pada seluruh siklus pembelahan sel (cycle spesifik drug), seperti penghambat DNA, senyawa alkilasi, antibiotika dan hormone steroid.