Kanker atau Karsinoma

https://www.ilmupenyakit.comKanker atau karsinoma adalah pembentukan jaringan baru yang abnormal dan bersifat ganas (maligne).

Suatu kelompok sel dengan mendadak menjadi liar dan memperbanyak diri secara pesat dan terus-menerus (proliferasi).

Akibatnya adalah pembengkakan atau benjolan yang disebut tumor atau neoplasma (latin, Neo=baru, plasma=bentukan).

Sel-sel kanker ini menginfiltrasi jaringan sekitarnya dan memusnahkannya. Tumor primer setempat itu sering kali menyebarkan sel-selnya melalui saluran darah dan limfe ke tempat lain ditubuh (metastase), untuk selanjutnya berkembang menjadi tumor sekunder.

Gejala-gejala umum utama adalah nyeri yang sangat hebat, penurunan berat badan mendadak, kepenatan total (cachexia) dan berkeringat malam.

Jenis-jenis kanker yang dikenal banyak sekali dan hampir semua organ dapat dihinggapi penyakit ganas ini, termasuk limfe, darah, sumsum dan otak.

Kanker merupakan penyebab kematian kedua didunia setelah penyakit jantung dan pembuluh. Berkat penyuluhan besar-besaran di dasawarsa lalu mengenai peranan makanan sehat, di beberapa Negara Barat antara lain negeri Belanda, kanker telah menempatkan urutan nomor satu menggantikan penyakit PJP.https://www.ilmupenyakit.comhttps://www.ilmupenyakit.com