Penyakit Ascariasis dan Pengobatannya

https://www.ilmupenyakit.comAscariasis: mebendazol, albendazol, pirantel dan piperazin.

Ascaris lumbricoides atau cacing gelang panjangnya 10-15 cm dan biasanya bermukim dalam usus halus. Kira-kira 25% dari seluruh penduduk dunia terinfeksi cacing ini, terutama di negara tropis (70-90%).

Cacing betina mengeluarkan telur dalam jumlah yang sangat banyak, sampai 200.000 telur sehari yang dikeluarkan dalam tinja. Penularan terjadi dalam tinja.

Penularan terjadi melalui makanan yang terinfeksi oleh telur dan larvanya (panjangnya kira-kira 0,25 mm) yang berkembang dalam usus halus.

Larva ini menembus dinding usus, melalui hati untuk kemudian ke paru-paru. Setelah mencapai tenggorok, lalu larva ditelan untuk kemudian berkembang biak menjadi cacing dewasa di usus halus.

Jumlahnya dapat menjadi demikian besar hingga bisa menimbulkan peyumbatan, juga komplikasi seperti ileus, appendicitis dan pancreatitis.

Pengobatan.

Obat pilihan pertama adalah mebendazol, albendazol dan pirantel. Sering kali kur harus diulang dengan kur kedua, karena tidak semua cacing atau telurnya dapat dimusnahkan pada tahap pertama. Anggota keluarga juga mungkin merupakan pembawa kista dan sebaiknya juga diobati.