Penularan dan Pencegahan Penyakit Cacing

https://www.ilmupenyakit.com/Penularan

Infeksi cacing umumnya terjadi melalui mulut, adakalanya langsung melalui luka dikulit (cacing tambang dan benang) atau lewat telur (kista) atau larvanya, yang ada dimana-mana diatas tanah.

Terlebih pula bila pembuangan kotoran (tinja) dilakukan dengan sembarangan (system riol terbuka) dan tidak memenuhi persyratan hygiene. Terutama anak kecil yang lazimnya belum mengerti azas hygiene, mudah sekali terkena infeksi.

Tergantung dari jenisnya, cacing tetap bermukim dalam saluran cerna atau berpenetrasi ke jaringan. Jumlah cacing merupakan factor menentukan apakah orang menjadi sakit atau tidak.

Pencegahannya.

Tindakan umum yang perlu dilakukan adalah mentaati aturan hygiene dengan tegas dan konsekuen, terutama oleh anak-anak.  Yang terpenting diantaranya adalah selalu mencuci tangan sebelum makan atau sebelum mengolah bahan makanan.

Jangan memakan sesuatu yang telah jatuh di tanah tanpa mencucinya terlebih dahulu dengan bersih. Dengan demikian infeksi melalui mulut yang paling sering terjadi, dapat dihindarkan.

Selanjutnya untuk pemberantasan infeksi cacing perlu diambil tindakan hygiene umum yang mencakup perbaikan perumahan, lingkungan hidup dan social ekonomi.