Infeksi Penyakit Cacing

https://www.ilmupenyakit.com/Penyakit cacing

Infeksi cacing merupakan salah satu penyakit yang paling umum tersebar dan menjangkiti lebih dari 2 milyar manusia diseluruh dunia. Walaupun tersedia obat-obat baru yang lebih spesifik dengan kerja lebih efektif, pembasmian penyakit cacing masih tetap merupakan suatu masalah antara lain disebabkan oleh kondisi social ekonomi di beberapa bagian didunia.

Jumlah manusia yang dihinggapinya juga semakin bertambah akibat migrasi, lalu lintas dan kepariwisataan udara. Proyek-proyek irigasii untuk meningkatkan agrikultur dapat pula menyebabkan perluasan kemungkinan infeksi.

Misalnya schistosomiasis (bilharziasis), penyakit ini berkembang karena timbulnya kondisi yang menunjang pengembangan keong-keong, yang menjadi tuan rumah antara bagi cacing schistosoma.

Pada umumnya cacing jarang menimbulkan penyakit serius, tetapi dapat menyebabkan gangguan kesehatan kronis yang merupakan suatu factor ekonoms sangat penting. Dinegara berkembang, termasuk Indonesia, penyakit cacing adalah penyakit rakyat umum yang sama pentingnya dengan misalnya malaria atau TBC.

Infeksinya pun dapat terjadi simultan oleh beberapa jenis cacing sekaligus. Diperkirakan bahwa lebih dari 60% anak-anak di Indonesia menderita suatu infeksi suatu cacing.