Bentuk Minuta Entamoeba Histolytica

https://www.ilmupenyakit.comBentuk minuta (bentuk usus): amebiasis intestinalis menularkan penyakit langsung dari orang ke orang atau melalui makanan dan air minum yang telah terinfeksi kista, yaitu bentuk inaktif dari amoeba (bahasa latin = minuta = kecil). Kista diliputi oleh suatu membrane pelindung yang ulet, tahan getah lambung dan dapat hidup di luar tubuh.

Didalam usus halus kista berkembang menjadi bentuk aktif, yakni trofozoit yang terutama hidup dari kuman usus besar dan ditempat ini memperbanyak diri dengan pembelahan.

Trofozoit biasanya hidup di colon sebagai komensal non-patogen, yakni membentuk kista tanpa merugikan tuan rumah. Kemudian kista-kista ini meninggalkan tubuh lewat tinja bersama trofozoit yang tidak berubah.

Kista inilah yang memegang peranan dalam penularan penyakit lebih lanjut bila terbawa ke bahan makanan atau air minum oleh lalat atau tangan manusia yang tidak bersih.

Dengan demikian lengkaplah siklus pembawa kista asimtomatis, dapat “membawa” penyakit ini tanpa gejala dan kemudian menyebarluaskannya.

Trofozoit juga dapat berubah menjadi bentuk pathogen dan dengan bantuan toksinnya sendiri serta enzim proteolitis, dapat menyerang mukosa usus.

Terjadilah luka-luka kecil dan diare. Luka-luka ini sering kali menimbulkan infeksi sekunder dengan bakteri dan timbulah pemborokan (ulcerative colitis). Sering kali amebiasis usus juga berlangsung tanpa diare atau gejala lainnya yang nyata.