Siklus Hidup Seksual Parasit

https://www.ilmupenyakit.comSiklus hidup parasit

Pada garis besarnya semua jenis plasmodium memiliki siklus hidup yang sama, yaitu sebagian di dalam tubuh manusia (siklus aseksual) dan sebagian di tubuh Anopheles (siklus seksual).

Didalam tubuh manusia plasmodium pertama-tama berkembang di dalam sel-sel hati (hepatosit), kemudian di sel-sel darah merah (eritrosit). Disamping ini Plasmodium vivax dan Plasmodium ovale juga berkembang menjadi hipnozit didalam sel hati.

Siklus seksual.

Setelah beberapa siklus, sebagian merozoit di dalam eritrosit dapat berkembang menjadi bentuk seksual betina dan jantan. Gametosit ini tidak berkembang lagi dan akan mati bila tidak dihisap oleh anopheles betina.

Didalam lambung nyamuk terjadi penggabungan (pembuahan) dari gametosit jantan dan betina menjadi zygote, yang kemudian mempenetrasi dinding lambung dan berkembang menjadi ookista.

Dalam waktu tiga minggu, terjelmalah banyak sporozoit kecil yang memasuki kelenjar ludah nyamuk. Akhirnya, bila nyamuk (betina) ini menyengat manusia, lengkaplah siklus hidup parasit. Dengan ini jelaslah bahwa gametosit merupakan sumber penularan baru.