Masa Inkubasi dan Gejala Plasmodium Falciparum

https://www.ilmupenyakit.comMasa inkubasi dan gejalanya.

Masa inkubasi P. falciparum adalah 7-12 hari, P. ovale/vivax 10-14 hari dan P. malariae 4-6 minggu. Periode prodromal 3-5 hari dengan tanda-tanda penyakit atipis, seperti nyeri kepala dan otot, mual, anoreksia, rasa letih dan sakit.

Kemudian timbul serangan demam yang khas, seperti menggigil dan merasa sangat dingin, disusul oleh perasaan panas dengan demam tinggi, yang disertai keringat berlimpah.

Gejala penting lainnya adalah membesarnya limpa dan anemia yang diakibatkan oleh: hemolisa semua sel (sehat dan terinfeksi) yang menyebabkan urin berwarna hitam (blackwater fever). Juga terdapat defisiensi folat dan gangguan pembentukan sel darah merah (dyserythropoiesis).

Serangan panas-dingin terdiri atas tiga fase:

1. Fase dingin berlangsung dari 30 menit sampai 1 jam karena timbulnya penyempitan pembuluh (vasokontriksi). Penderita menggigil karena merasa sangat dingin dan suhu badan meningkat dengan cepat sampai 410

2. Fase panas segera menyusul fase dingin pada saat mana tubuh terasa sangat panas selama kira-kira 2-6 jam. Pada fase ini penderita kadang-kadang mengigau (delirium). Kemudian fase ini disusul oleh fase berkeringat.

3. Fase berkeringat: penderita merasa sangat letih dan ingin tidur.