Jenis Malaria dan Malaria Kwartana

https://www.ilmupenyakit.comJenis malaria dan gejalanya

Bagi manusia malaria disebabkan oleh empat spesies protozoa keturunan plasmodium yang menimbulkan tiga jenis penyakit malaria, yaitu malaria tropika, tersiana dan kwartana.

Sama Seperti asal mulanya penyakit sindroma Cacat Kekebalan (AIDS), diperkirakan bahwa malaria berasal dari penyakit malaria hewan di Afrika Tengah yang kemudian tersebar di seluruh dunia oleh antara lain migrasi penduduk dan nyamuk yang terinfeksi, transfuse darah yang tercemar, kadang-kadang oleh alat suntik (pengguna narkoba) dan peralatan rumah sakit yang tercemar.

Walaupun telah diusahakan berbagai cara untuk memberantas penyakit ini, misalnya dengan vaksin anti-malaria yang sampai kini belum berhasil, setiap tahun kurang lebih 300 juta orang terinfeksi dan 1-3 juta orang meninggal. Kurang lebih 40% dari umat manusia menghadapi resiko terinfeksi. Derajat mortalitasnya tinggi terutama bayi dan anak-anak.

Malaria Kwartana

Pada penyakit ini Plasmodium malariae mengakibatkan demam berkala empat hari sekali, dengan puncak demam setiap 72 jam. Gejalanya sama dengan tertian. Residif juga sering terjadi karena bentuk EE sekunder.