Mycobacteria dan Pencegahan TBC

https://www.ilmupenyakit.comMycobacteria lain.

Pengidap AIDS kini semakin sering dihinggapi infeksi dengan berbagai jenis Mycobacteria lain (“atipis” tidak khas), seperti mycobacterium avium intracellulare (MAI) yang terdapat di air dan tanah.

Mikroorganisme ini pada umunya bersifat resisten terhadap obat-obat TBC biasa sehingga menjadi masalah besar pada terapi AIDS. Infeksi MAI tidak dapat ditulari dari manusia ke manusia.

Penularan Mycobacterium bovis (= sapi) melalui minum susu dari sapi yang menderita TBC kelenjar susu, jarang sekali terjadi. Infeksi demikian dapat dihindari dengan mempasteurisasikan atau memasak susu.

Pencegahan

Penularan perlu diwaspadai dengan mengambil tindakan-tindakan pencegahan selayaknya untuk menghindarkan infeksi tetes dari penderita ke orang lain.

Salah satu cara adalah batuk dan bersin sambil menutup mulut/hidung dengan sapu tangan atau kertas tissue untuk kemudian didesinfektan dengan Lysol atau dibakar.

Bila penderita berbicara, jangan terlampau dekat dengan lawan bicaranya. Ventilasi yang baik dari ruangan juga memperkecil bahaya penularan.

Anak-anak dibawah usia satu tahun dari keluarga yang menderita TBC perlu divaksinasi BCG sebagai pencegahan, bersamaan dengan pemberian izoniazid 5-10 mg/ kg selama 6 bulan (kemoprofilaksis).