Pencegahan dan Infeksi Saluran Kemih Menahun

https://www.ilmupenyakit.comPencegahan

Tindakan pertama adalah menjauhi (re-) infeksi dengan memperhatikan factor-faktor tersebut di atas. Sebagai tindakan pencegahan penting adalah minum air lebih banyak dan berkemih lebih sering terutama bagi pasien diabetes dan manula.

Infeksi menahun

Adakalanya infeksi menjadi kronis dengan serangan akut berkala. Dalam hal ini dianjurkan untuk melanjutkan kur antibiotika selama 3-6 bulan dengan dosis separuhnya.

Untuk tujuan ini paling tepat digunakan obat yang tidak mengganggu RK dan tidak sering menimbulkan resistensi. Misalnya nitrofurantoin atau kotrimoksazol.

Obat-obat ini hendaknya diminum malam hari sebelum tidur mengingat kuman lebih mudah memperbanyak diri bila kandung kemih penuh seperti halnya pada waktu tidur.

Untuk profilaksis infeksi saluran kemih non antibiotic, dapat digunakan sediaan dengan probiotikum laktobasil yang berkhasiat menurunkan jumlah mikroorganisme pathogen di vagina.

Juga terkenal adalah pemberian 300 ml/hari cranberry (juice), ternyata berdaya menyembuhkan ISK pada wanita dan menurunkan resiko akan infeksi baru.

Khasiatnya diperkirakan berdasarkan penurunan daya melekat bakteri pada sel-sel epitel dari vagina dan mungkin zat kandungannya hipuric acid memegang peranan.

Membuat urin menjadi asam dengan amoniumnitrat/klorida masih diragukan manfaatnya.