5 Faktor Mempermudah Infeksi Saluran Kemih

https://www.ilmupenyakit.comAda beberapa factor penting yang mempermudah timbulnya infeksi yakni:

a. Jarang berkemih

Pengeluaran urin (mictio) merupakan mekanisme ketahanan penting dari kandung kemih. Bila Mictio normal terhambat karena misalnya obstruksi, ISK dapat lebih mudah terjadi.

b. Gangguan pengosongan kandung kemih akibat obstruksi (batu ginjal), disfungsi atau hipertrofi prostat bisa mengakibatkan tertinggalnya residu di mana kuman-kuman mudah berproliferasi.

c. Hygiene pribadi kurang baik bisa menyebabkan kolonisasi kuman uropatogen di sekitar (ujung) uretra, misalnya penggunaan pembalut wanita. Kuman lalu menjalar keatas menuju uretra, lalu ke kandung kemih dan kemudian menyebar melalui ureter ke ginjal (ISK bagian atas).

d. Penggunaan kateter, melalui senggama dank arena adanya infeksi local (misalnya vaginitis) dapat mempermudah infeksi.

e. Penderita diabetes lebih peka untuk ISK karena meningkatnya daya melekat bakteri pada epitel SK akibat beberapa sebab tertentu.

Sebetulnya urin dalam kandung kemih adalah steril karena mekanisme perlindungan terhadap infeksi oleh antara lain selaput lendir kandung kemih.

Diatas usia 60 tahun, jumlah ISK pada pria mulai meningkat secara drastic, mungkin karena pembesaran prostat yang lazim terjadi pada pria usia lanjut.

Akibatnya adalah pengosongan kandung kemih sering kali yang tidak sempurna lagi dan urin yang tertinggal merupakan persemaian yang amat baik bagi kuman.