Prevalensi Infeksi Saluran Kemih

https://www.ilmupenyakit.comInfeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) hampir selalu diakibatkan oleh bakteri aerob dari flora usus. Penyebab ISK bagian bawah atau cystitis (radang kandung kemih) adalah terutama kuman Gram-negatif, yakni untuk bagian terbesar E.coli (kurang lebih 80%) dan jarang proteus, Klebsiella, Enterobacter dan Pseudomonas.

Penyebab kuman Gram-Positif adakalanya enterokok dan jarang sekali stafilokokus. Pada umumnya sesesorang dianggap menderita ISK bila terdapat lebih dari 100.000 kuman dalam 1 ml urinnya.

Prevalensi

Antara usia kurang lebih 15 dan 60 tahun jauh lebih banyak wanita dari pada pria menderita ISK bagian bawah, dengan perbandingan kurang lebih dua kali sekitar pubertas dan lebih dari 10 kali pada usia 60 tahun.

Hal ini dapat dijelaskan dengan fakta bahwa sumber infeksi kebanyakan adalah flora usus. Pada wanita uretranya hanya pendek (2-3 cm) sehingg kandung kemih mudah dicapai oleh kuman-kuman dari dubur melalui perineum, khususnya basil E.coli.

Pada pria disamping uretranya yang lebih panjang (15-18 cm) cairan prostatnya juga memiliki sifat bakterisid sehingga menjadi pelindung terhadap infeksi oleh kuman uropatogen.