Gejala dan Pengobatan Virus SARS

https://www.ilmupenyakit.comGejalanya

Yang terutama adalah demam tinggi (99%) sampai melebihi 380C, batuk tidak produktif (69%), myalgia (sakit otot) (49%) dan dyspnoe (sesak nafas) (42%).

Gejala lain adalah sakit kepala, diare (10-20%) dan sebagian besar menderita pneumonia. Penyakit ini terutama fatal bagi penderita diabetes.

Cara penularan.

SARS terutama ditularkan melalui hubungan erat person to person, yakni kontak langsung dengan secret pernapasan atau cairan tubuh.

Virus dengan mudah sekali ditulari melalui percikan pernafasan (droplet spread). Cara transmisi ini adalah bila seorang penderita batuk atau bersin dan percikannya tiba pada selaput lendir dari mulut, hidung dan mata dari seorang yang berdekatan.

Virus juga dapat ditulari bila seorang bersentuhan dengan benda yang tercemar dengan percikan ini atau melalui udara (airborn).

Pengobatan

Obat yang digunakan terhadap infeksi virus SARS adalah ribavirin. Suatu vaksin telah dikembangkan bertolak dari virus influenza yang diperlemah, pada mana ditambahkan suatu gen dari virus SARS. Vaksin ini hanya efektif pada anak-anak, tidak pada orang dewasa.