Penyebab Virus SARS

https://www.ilmupenyakit.comSevere Acute Respiratory Syndrome

Awal tahun 2003 dunia dikejutkan oleh timbulnya epidemic suatu penyakit infeksi virus yang dinamakan epidemic SARS. Berasal dari China, SARS dalam waktu beberapa bulan melanda seluruh dunia.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam epidemic ini kurang lebih 8000 di seluruh dunia, terutama di ASIA dan Kanada (Toronto), telah terinfeksi dan kurang lebih 10% telah meninggal.

Walaupun informasi mengenai penyakit ini dihambat oleh pemerintah China berdasarkan beberapa alasan sehingga pemberantasannya dipersulit, namun dunia International tanpa ragu-ragu mengerahkan kerja sama yang erat antara berbagai pusat penelitian dan laboratoria untuk menanggulanginya.

Dalam waktu hanya dua bulan setelah epidemic dilaporkan, penyebab SARS sudah dapat dideteksi dan dalam lima bulan epidemic ini telah berhasil di kekang.

Penyebabnya.

SARS adalah suatu penyakit saluran napas yang diakibatkan oleh suatu coronavirus yang dinamakan SARS-associated coronavirus atau SARS-CoV.

Virus ini diperkirakan adalah suatu zoonase (penyakit hewan yang dapat pindah ke manusia) yang menyerang manusia melalui transmisi dari hewan ke manusia.

Identifikasinya melalui reaksi rantai polymerase dari hewan-hewan pembawa virus SARS-CoV adalah sangat penting untuk menjamin kesehatan masyarakat.