Gejala Virus Dengue

https://www.ilmupenyakit.comGejalanya berupa demam menggigil sampai 400C, nyeri sendi dan otot hebat, terutama di tungkai, sakit kepala berat, nyeri otot/persendian dan timbulnya bintik-bintik merah (petechiae) yang khas dimuka, kaki dan tubuh.

Setelah 2-4 hari demam mendadak hilang untuk kemudian (sesudah 24 jam) kambuh lagi. Naik turunnya suhu ini adalah karakteristik bagi dengue.

Pada awalnya timbul leukopeni, trombositopeni dan kemudian leukositosis. Trombositopeni diperkirakan karena depresi sumsum tulang dan rusaknya trombosit.

Setelah 3-6 hari lagi ruam dan demam lenyap sama sekali. Prognosisnya baik, masa penyembuhannya dapat memakan waktu lama.

Tes diagnose yang umum digunakan adalah tourniquet test (Rumpell Leede test) disusul konfirmasi deteksi virus melalui penentuan antibodies dengan pemeriksaan IgM (respons primer) dan IgG (respons sekunder) di dalam darah.

Sampai sekarang belum ada terapi kausal terhadap dengue dan penanganan hanya terdiri dari usaha-usaha penunjang seperti infuse dengan larutan garam, pemberian zat asam, istrahat dan parasetamol terhadap demam.

Bila terjadi perdarahan serius dapat dipertimbangkan pemberian transfuse darah. Dengan terapi penunjang yang baik mortalitas penyakit infeksi ini terbatas sampai 1-3%, tetapi bila diabaikan dapat meningkat sampai 50%.