Virus Penyebab Penyakit

https://www.ilmupenyakit.comVirus adalah mikroorganisme hidup yang terkecil (besarnya 20-300 mikron), kecuali prion, yaitu virus penyebab penyakit sapi gila BSE dan P. Creutzfeldt jakob yang kurang lebih 100 kali lebih kecil.

Virus hanya dapat bisa dilihat dengan mikroskop electron (dengan pembesaran maksimal 200.000 kali) dan tidak dengan mikroskop biasa (dengan pembesaran maksimal 4000 kali).

Diluar tubuh manusia, sering kali virus berbentuk Kristal tanpa tanda hidup, sangat ulet, tahan asam dan basa, serta resisten terhadap suhu rendah atau tinggi sekali.

Jika keadaan lingkungannya membaik seperti didalam tubuh manusia atau hewan, Kristal tersebut bernyawa lagi dan mampu memperbanyak diri.

Virus adalah jasad biologis, bukan hewan, bukan tanaman, tanpa struktur sel dan tidak berdaya untuk hidup dan memperbanyak diri secara mandiri.

Mikroorganisme ini harus menggunakan system enzim dari sel tuan rumah untuk sintesis asam nukleat, protein-proteinnya dan perkembang biakannya.

Oleh karena replikasinya (reproduksi virus) demikian erat berhubungan dengan proses-proses metabolisme sel tuan rumah, makanya sulit sekali untuk membuat obat-obat dengan toksisitas selektif bagi virus tanpa merugikan sel tuan rumah.

Berdasarkan ini, maka vaksinasi merupakan cara utama untuk mengendalikan infeksi virus (polio, rabies, campak, mumps, rubella)